Beranda > Genia Festival > Keahlian IT yang di butuhkan

Keahlian IT yang di butuhkan

 Kesempatan yang terbuka untuk bidang IT sangatlah besar, tapi hanya untuk mereka yang mempunyai keahlian yang tepat. Inilah keahlian yang menurut para ahli, profesor dan peneliti IT yang diperkirakan akan sangat dibutuhkan (dan baik untuk dimasukkan ke dalam CV anda): 1. Machine Learning

Dengan semakin banyaknya kebutuhan akan software yang digunakan pada sejumlah besar data, maka para pengamat juga melihat adanya peningkatan kebutuhan akan orang yang memiliki keahlian untuk merancang dan mengembangkan algoritma dan tehnik untuk meningkatkan performa komputer. “Ini bukan hanya untuk kasus Google saja,” kata Kevin Scott, senior manager engineering di Google. “Banyak sekali aplikasi yang memiliki data yang sangat besar, sehingga sangatlah penting tentang bagaimana cara anda mengorganisir data-data tersebut dan mempresentasikannya ke pengguna dan perusahaan-perusahaan memperebutkan orang-orang yang memiliki keahlian itu”

2. Membuat Aplikasi Mobile

Dengan semakin besarnya peran alat-alat seperti BlackBerry dan Treos dalam bisnis, maka perusahaan akan membutuhkan orang-orang yang memiliki keahlian dalam mengkonversi aplikasi seperti ERP, procurement dan expense approval agar dapat dipakai di alat-alat portabel. “Mereka membutuhkan orang yang dapat menerapkan aplikasi pada alat mobile,” kata Sean Ebner, VP dari divisi professional services di Spherion Pacific Enterprise.

3. Keamanan Jaringan Nirkabel

Teknologi nirkabel seperti Wi-Fi, WiMax dan Bluetooth yang berkembang dengan pesat menimbulkan suatu kekhawatiran lain yaitu bagaimana cara mengamankan transmisi nirkabel dan inilah keahlian yang juga dicari perusahaan IT. “Jika saya ingin memperkerjakan seorang spesialis nirkabel, maka saya menginginkan seseorang yang juga mengerti tentang implikasi keamanannya dan cara mengendalikannya,” kata Howard Schmidt, presiden dari Information Systems Security Association. “Anda harus menjadi seorang network administrator dengan spesialisasi nirkabel untuk mengetahui bagaimana cara kerja nirkabel pada jaringan.”

4. Interface komputer dengan pengguna

Bidang lain yang kebutuhan SDMnya sedang berkembang adalah interaksi antara komputer dengan pengguna atau user interface design, yaitu merancang interface pengguna untuk aplikasi desktop atau web. Berkat perusahaan seperti Apple Inc., konsumen mulai mendapatkan produk yang didesain dengan sangat baik, dan seharusnya mereka mengharapkan kualitas seperti itu untuk setiap software yang mereka gunakan, kata Kevin Scott.

5. Manajemen Proyek

Project manager selalu dicari dimana-mana, tetapi yang akan benar-benar dibutuhkan adalah mereka yang memiliki keahlian manajemen yang sebenarnya. Grant Gordon, managing director dari Intronic Solutions Group berkata “Perusahaan mencari orang yang dapat mengatur kelompok dan membuat mewujudkan siklus proyek yang baik dan benar-benar me-manage proyek.” Gordon menyaring kandidatnya dengan memberikan kasus dimana terjadi konflik tanggung jawab dalam sebuah tim. “Ketika seseorang dihadapkan pada kasus dimana suatu konflik harus ditangani, maka anda akan melihat apakah mereka benar-benar tahu apa yang mereka lakukan,” katanya.

6. Pengetahuan Jaringan

Dibidang IT apapun anda bekerja, anda tidak dapat melepaskan diri dari jaringan, oleh karena itu pengertian dasar tentang konsep jaringan menjadi sangat penting untuk para profesional IT non-jaringan seperti software engineer misalnya. Setidaknya mereka harus menguasai dasar networking seperti TCP/IP, Ethernet dan fiber optic serta memiliki pengetahuan tentang cara kerja komputer jaringan dan distribusinya.

7. Teknisi Spesialis Jaringan

Semakin banyak perusahaan yang menerapkan voice over IP, maka semakin tinggi pula kebutuhan akan network administrator yang memahami semua jenis jaringan seperti LAN, WAN, suara dan internet serta bagaimana cara menyatukan mereka semua.

8. Open Source Programming

Orang-orang dengan pengalaman dalam Linux, Apache, MySQL dan PHP (yang disingkat menjadi LAMP) akan banyak dicari oleh berbagai perusahaan. Scott Saunders, dekan DeVry University di California Selatan yang bertanggung jawab untuk career services, melihat bahwa trend ini sedang terjadi. “Ketidakpuasan konsumen dan kekhawatiran akan keamanan adalah dua hal yang mengendalikan fenomena ini, terutanma dalam hal database dan OS,” katanya.

9. Sistem Business Intelligence (BI)

Momentum untuk sistem-sistem yang bergerak dalam bidang BI terus bertambah dan memberikan kesempatan besar bagi individual-individual yang mengerti teknologi-teknologi BI seperti Cognos, Business Objects dan Hyperion dan menerapkan sistem ini ke bisnis sehari-hari.

10. Pengetahuan tentang Keamanan

Beberapa tahun terakhir memang banyak lowongan untuk security professional, tetapi mulai terlihat kecenderungan pada beberapa perusahaan yang mengharapkan keahlian atau sertifikasi dalam bidang keamanan terlampir pada CV pelamar yang bahkan tidak melamar untuk posisi security. Apakah orang tersebut nantinya akan menjalankan server e-mail atau mengembangkan software, ia tetap diharapkan untuk dapat menciptakan lingkungan cyber yang aman, oleh karena itu dasa-dasar tentang keamanan menjadi salah satu kualifikasinya. “Kekhawatiran perusahaan dalam melindungi aset mereka dari kejahatan cyber dan ancaman internal telah semakin meningkat,” kata Saunders.

11. Integrasi Teknolgi Digital untuk Rumahan

Pada zaman teknologi digital seperti sekarang, orang-orang dapat menyulap rumah mereka menjadi surga hi-tech, tetapi siapa yang akan memasang, mengatur dan memperbaiki sistem audio video mereka ketika terjadi kerusakan?

Untuk menjawab pertanyaan itu CompTIA, bekerjasama dengan Consumer Electronic Association, telah mengembangkan sebuah sertifikasi yang dinamakan Digital Home Technology Integrator. “Ini adalah pasar yang memiliki prospek sangat baik,” kata Hopkins, vice president untuk skills development dari Computing Technology Industry Association (CompTIA).

12. Tidak cukup dengan hanya Net, C #, C ++, Java

Memang proyek IT menggunakan berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman seperti ASP.Net, VB.net, XML, PHP, Java, C#, and C++, tetapi yang diinginkan semua perusahaan bukanlah seseorang yang terpaku hanya pada komputernya dan tidak menjadi bagian dari tim. Mereka menginginkan seorang ahli yang mungkin juga bisa menjadi pemimpin tim atau koordinator proyek.

About these ads
Kategori:Genia Festival
  1. Agustus 3, 2013 pukul 5:50 pm

    If you have decided to go with it, you need the assistant of one of the best search engine optimization agencies.
    Though, it is quite easy to understand how it works,
    employing it in practical terms can be very difficult. The company offers services that provide a user friendly interface to the customers.

  2. Agustus 11, 2013 pukul 4:47 am

    Right now it sounds like Expression Engine is the top blogging platform available right now.

    (from what I’ve read) Is that what you are using on your blog?

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 57 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: