Beranda > Genia Festival > Software Video Editing Terbaik

Software Video Editing Terbaik

Salam buat para pengguna software video editing mau nambahin nih, saya udah 3,5 taun lebih nyobain software buat editing video so saya mau berbagi nih

Berikut ini review software v editing populer yang saya dalami dan ketahui menurut saya sendiri:
1. Avid xpress dv,saya sangat suka software ini, sangat bagus efek bisa dimasukin ke transisi, efek bisa bikin klip independen contohnya PIP (picture in Picture), color correctornya bagus, Cuma pengoperasiannya sangat rumit untuk pemula dengan bin, superbin, dkk yang rumit, contohnya untuk bikin transisi saja mesti pake trimer dulu, tapi kalau anda sudah terbiasa, anda akan menemukan bahwa software ini memang luar biasa contohnya untuk membuat 2 klip dalam satu layar anda cukup membuat 1video track dengan efek PIP sedangkan di software lain harus membuat 2 video track, jadi di AVID tidak harus selalu menambahkan video track seenak perut (karena perut tidak enak apalagi kalo lapar hehehe) , pada awal saya akan belajar software ini saya sempat putus asa karena software ini meminta dongle ,sehingga software ini tidak jalan, tapi temen2 di luar sana berbaik hati mencarikan saya solusinya, untuk menjalankannya makan banyak resource dan untuk template vcd (mpeg 1) tidak tersedia karena xpress dv yang saya pake template mpegnya paling kecil Cuma sampai 1,2 mbps,. kalo vcd kan 1,15, , untuk avid saya beri nilai 9
2. Adobe premiere pro
, Software ini saya geluti selama 2 tahun, good software,saya suka efek2nya terutama dengan efek keyying (alpha adjust, garbage,image matte, chroma key, dll) , efek echo,magic bullet(plug in tambahan dari red giant),memiliki keyframe sehingga bisa bikin animasi,bisa add video track sebanyak mungkin, hanya saja software ini berat dan agak gagap dalam mempreview efek2nya, jadi kalo lagi ngedit tiba2 komputernya ngehang, jadi ilfil deh, kalo mau bikin vcd mesti render dulu ke avi uncompressed baru dirender lagi ke mpeg dengan software laen (kalo gak nero, canoppus, atau tmpeg) sehingga ada penurunan kualitas (karena kalau langsung pake media encodernya hasilnya kurang memuaskan), makan banyak ruang di hardisk, dan waktu. Jadi saya pikir ngapain efek bagus kalo gambarnya kurang memuaskan, dan makan bayak waktu ngeditnya.. Akhirnya saya hanya pake buat capture doang karena hasilnya capturenya memang bagus untuk adobe premiere pro saya beri nilai 8.
3. vegas 7.0 , ini software aneh,Saya sangat suka software ini, kemampuannya hampir mirip adobe after effect, bisa langsung burning ke vcd. Hasilnya juga bersaing sama canoppus, sangat ringan, bahkan di komputer saya yang dulu speknya hanya 1,2 ghz,RAM 256 mb,vga ati radeon 9250 SE 64 mb bisa jalan dengan lancar, ukurannya kecil file setupnya hanya 144 mb, efeknya bagus2, meiliki efek2 yang tidak dimiliki oleh premiere contohnya freehand masking, hanya transisinya kurang banyak. Bila dibandingkan dengan canopus hasil vcd vegas menang di warna sedangkan canoppus menang di lembutnya gambar, dan software ini menduduki peringkat 3 software vediting terbaik di dunia (no 1 avid, no 2 mac final cut pro) (saya lupa menurut website mana), software ini juga mampu mengedit audio dengan baik, saya rasa kemampuan mengedit audionya tidak bisa dibandingkan dengan software video editing lainnya. Jika anda memiliki efek2 tambahan seperti boris fx, atau magic bulet (di avid juga ada, tinggal didownload di www.vasst.com ) yang bisa bikin warna film seperti film layar lebar (walaupun tanpa magic bulet, vegas punya kemampuan untuk membuat efek sangat mirip dengan magic bullet secara manual dengan teknik alpha channel (multiply), dan color corrector), atau bahkan ultimate S, saya rasa software ini sulit ditandingi kecuali oleh avid. Software ini memiliki kemampuan untuk melakukan teknik alpha chanel (mirip photoshop), hampir sebagian besar media (*.Psd, *.cda, *.aif, dll) bisa diimpor oleh vegas termasuk dat dan vob, padahal kalo di software laen kita mesti merename extensionnya dari dat/vob jadi mpg dulu. Dan apa yang saya pelajari selama 2 tahun di premiere pro bisa dilakukan oleh vegas, saya hanya perlu 3 bulan untuk belajar vegas,karena software ini user friendly, kalo gak salah saya pernah liat di tv (trans TV) proses dubbing film ninja boy juga memakai sony vegas(5.0) .untuk produksi dvd sony juga memiliki dvd architect yang sangaatt bagus, keluarga sony mediasoftware antara lain sony acid pro, software buat bikin lagu2 mixing contohnya lagu2 madona, dan lainya, sony movie studio, dll.untuk vegas 7.0 saya beri nilai 8,5
4. cannopus edius pro 3.5
, lumayan, saya kurang mendalami software ini karena kurang stabil (sering nutup sendiri) , hasil render ke vcdnya sangat baik sekali,boleh dibilang untuk kelembutan gambarnya saya belum temukan yang lebih baik dari canoppus procoder express, agak rumit & berat pengoperasiannya ,saya suka software ini terutama Procodernya untuk canopus saya beri nilai 7,5.
5. ulead media studio pro katanya sih bagus, saya udah coba 2 kali , gak seperti avid, premiere pro, dan vegas ,saya belum bisa kasih nilai nih, ada yang mau ngasih masukan.
6. cyberlink powerdirectoor 3.0
, software maenan ini lumayan,kalo Cuma buat vcd plus ga diedit, kemampuannya sangat terbatas, tapi dia bisa capture mpeg 1 atau 2 buat vcd langsung tanpa harus merender,bisa capture via USB (windows xp sp2) realtime, lumayan buat software maenan kalo lagi buru2 untuk software ini saya kasih nilai 4.
7. Pineacle studio 9.0,waduhhhhh, ini software maenan kelas teri saya yang paling berat, hasil rendernya vcdnya sih bagus, lebih baik dibanding media encoder premiere pro, Cuma beratnya ampuunnnn, sekarang sih pineacle denger2 udah dibeli sama avid, mudah2an aja jadi lebih bagus untuk software ini saya kasi nilai 4,5.
8. Ulead studio 9.0
hehehe ini maenan saya yang paling saya suka,lumayan deh, hasil renderan vcdnya di bawah pineacle tapi efeknya lebih banyak, tidak memiliki keyframe untuk software ini saya kasih nilai 5.
9. Adobe after effect 7.0, ini mah bukan buat bikin film panjang, tapi Cuma buat animasi klip2 pendek contohnya bikin iklan, video sama audio ga bisa dipreview barengan, contohnya kalo di preview yang diliat Cuma klipnya doang, suaranya sih bisu, contohnya bikin iklan. Cara pengoperasiannya sangat rumit, buat bikin transisi aja mesti pake keyframe, saingannya Cuma Avid FX yang saya udah dapetin bukunya tapi belom dapet softwarenya.beberapa format video AVI tidak bisa dibuka oleh software ini, mungkin ini salah satu kelemahannya kali ya.ini mah ga dikasih nilai soalnya bukan buat compositing tapi buat animasi.
10. macintosh final cut pro
, waduh kalo yang ini sih saya sama sekali belom coba & liat, karena kayanya saya belom biasa pake komputer macintosh. Ada yang mau ngasih masukan??? :)

Pertanyaan yang sering ditanyakan pada saya adalah :
1. Kenapa gak pake premiere pro?? Jawabannya , itu dulu saya pake, sekarang sih saya butuh kecepatan, simpel, dan kualitas, jadi bayangkan jika saya harus merender dulu ke AVI trus dirender lagi pake software laen contohnya pake TMPEG,karena saya kurang suka media encodernya premiere, bukankah hanya akan menghabiskan waktu saja, belom lagi jumlah ruang hardisk yang habis oleh AVI renderan dari premiere pro, sory sekarang saya tinggalkan Adobe Premiere pro.
2. Kenapa gak pake Avid, katanya paling bagus ???Orang konsumen saya Cuma minta vcd/dvd,AVID emang bagus di effek, tapi komputer saya kalo pake lebih dari dua effek contohnya sawtooth wipe sama picture in picture aja, gambarnya patah2 kaya anisa bahar. , mungkin nanti kalo saya udah kerja di Trans tv (yang seragamnya keren2)saya pake (hehehehe).
3. Kenapa pake Adobe after effect ???, simple aja, saya pake buat titling karena emang bagus, saya juga suka animation presetnya bikin kita ga usah ngatur efek and keyframe, udah dipaket sama ADOBE, walaupun kadang saya juga suka pake swish.
4. Kenapa pake cyberlink powerdirectoor????, hehehe ini mah gampang dijawab, ya buat konsumen yang Cuma mau transfer dari kaset ke vcd atau dvd, simple ga usah ngerender, tinggal capture langsung burning.
5. Kenapa pake vegas 7.0???heheheh, yang ini mah ga usah dijawab kaliiii
6. Apaan sih magic bullet, ko sering banget disebut? Ohh, itu efek tambahan dari red giant, Cuma buat finishing film aja biar warnanya kaya warna2 film layar lebar. Hanya support software v edit S/W terbaik aja( final cut pro, premiere pro, avid, & vegas) , download aja www.vasst.com, tapi cracknya ga ada di internet saya dah coba ubek2, satu2nya crack versi 2.0 punya saya hasil ngebongkar sendiri programnya, tapi sory bukan untuk dsebarkan ya, hehehehe.
6. Mau gak ngajarin avid, premiere, atau vegas?? Mau2 aja apalagi yang mintanya cewe cantik.
7. Bayar gak belajarnya ?? Saya sih orangnya gak komersilan,CD tutor vegas (buatan saya sendiri) bahasa indonesia(satu2nya kali ya dalam bhsa indonesia) saya kasih Cuma2 (cd kosongnya bawa sendiri), kalo saya lagi punya duit saya kirimin, kalo tutor premiere sih di toko buku juga banyak , untuk tutor Avid saya belom sempet bikin. Tapi kalo ada yang mau ngasih duitnya aja sih alhamdulillah.
8. Ko belom kerja??? Hehehe ini mah pertanyaan miris,,, soalnya saya kan belum lulus..
9. Mau ngasih duitnya aja ah, ga usah belajar video editing, boleh gak???hehehehe boleh2 aja,alhamdulillah (becanda deh).
10. Bener gak nih reviewnya???? Itu kan menurut saya, kalo kata yang suka pake windows movie maker mungkin dia akan lebih memihak pada WMM, saya menilai secara objektif karena saya menggunakan semua software di atas kecuali mac final cut pro dan Ulead media studio pro sehingga saya belum bisa menyimpulkan apakah kedua software itu lebih baik atau tidak, tapi semua kan kembali sama orangnya karena yang namanya kreatifitas kan Cuma bisa dibuat oleh manusia, software hanya membantu mewujudkannya kreatifitas kita “creativity comes from brainware, software only help bring creativity from concept to reality”. Makasih buat yang baca posting saya, Abang Do-Re-Mi di Jatinangor, dan terakhir makasih buat Abang jim harvey (www.creativecow.com) nan jauh di luar sana. S5R M+ home studio.

About these ads
Kategori:Genia Festival
  1. Juli 16, 2010 pukul 3:05 pm

    Eh… bro..
    tau gk Video editor buat Dialog di bawah video pake Software(Perangkat Lunak) apa ya?

  2. September 12, 2010 pukul 3:04 pm

    Mas, cara ngakalin USB dongle Avidnya gimana tuh?? share triknya dong..

  3. Grays
    Desember 16, 2010 pukul 9:18 am

    Mas boleh minta tutorial vegas nya ngak mas,Please….

  4. ade irawan
    Desember 26, 2010 pukul 6:50 pm

    Iya nih bleh minta tutorial vegasnya ga. ganti ongkos cd sm kirim deh

  5. arie pedro
    Februari 18, 2011 pukul 12:22 am

    saya baru nich blm prnh pke avid..kpn kluar tutorialnya…

  6. lasigma
    Maret 19, 2011 pukul 8:26 am

    ane baru nyoba corel videostudio pro x4..lumayan buat pemula bisa berkreasi & ada effeknya yg bisa dikreasiin..

  7. mintalink
    Maret 24, 2011 pukul 2:11 pm

    bang, ane mau request bisa gk kasi link buat download Adobe After Effect 7 ??? Ane nyari2 koq gk dpet2 ye??? Pliss bang :)

  8. film maker
    Oktober 28, 2011 pukul 1:04 pm

    kalau mau buat subtitle silahkan di produk adobe ada. adobe media encore…gampang, simple dan memuaskan…

  9. Juli 18, 2012 pukul 10:04 am

    salam…
    Agan2 smua ada yg tau g TRIK nya ngakalin .agar procoder 3 bisa jalan tanpa USB Dongle..,?????

  10. Juni 19, 2013 pukul 8:48 am

    mas, minta tutorialnya yang sony vegas pro 11
    ditunggu ya…
    makasih

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 57 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: