Beranda > Kesehatan > Manfaat Tea Tree Oil

Manfaat Tea Tree Oil

           Sepertinya tea tree oil ini merupakan antiseptik yang tangguh, menghilangkan bakteri, virus dan jamur. Pada 1949 secara resmi diperkenalkan oleh Departemen Kesehatan Australia dan menerbitkan artikel yang menyoroti kualitas tea tree oil ini di Jurnal dokter gigi Australia (The Australian Journal of Dentistry), Jurnal Medis Inggris (The British Medical Journal) dan Jurnal Farmasi Australia (The Australian Journal of Pharmacy).

Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Minyak ini juga menyembuhkan, anti-radang, deodoran, expectorant (pereda dahak) dan balsam. Dia dapat digunakan sebagai anestesi lokal yang ringan.

Dia juga memiliki daya larut yang sempurna dan penetrasi kulit, (Carson dan Riley, 1995). Salah satu dari feature/keistimewaannya yang paling menarik adalah bahwa komposisi essential oil-nya yang kompleks menjadikannya sebagai minyak serbaguna dan membuatnya dapat diterapkan pada partikel organik seperti nanah dan darah, tanpa kehilangan aktivitas antimikrobialnya (Altman, 1991).

Ini adalah penting sekali sebab mayoritas akan kehilangan aktivitas germicidalnya (kemampuan pencegahan peradangan dengan menghambat pertumbuhan jasad renik) berkaitan dengan partikel organik.

Direkomendasikan untuk mengobati kulit berjerawat dan kulit berminyak. Untuk menangani jerawat secara langsung, minyak harus dicairkan antara 5 dan 15%, jika tidak, dapat dilakukan dengan menambahkan beberapa tetes minyak –oil– pada air yang digunakan untuk membasuh.

Untuk vaginitis direkomendasikan menggunakan 30 tetes dalam satu liter air dan basuh atau douching(membasuh vagina).

Jika luka infeksi atau kutu air (athlete’s foot), kami merekomendasikan dengan mengkompres (dengan sepotong kain kanvas atau selulosa) yang diberi 3 – 8 tetes oil ini, dicampur dengan setengah liter air. Untuk herpes, sengatan serangga, dan jamur pada kaki, dapat digunakan tanpa dicairkan. Dalam hal ini, seharusnya dipakai sekedarnya pada area kecil, sedikitnya dua kali sehari pada area kulit atau kuku yang terinfeksi.

Untuk sariawan yang parah atau bisul, kumur dengan satu gelas air hangat yang mendidih dan dibubuhkan antara 5 – 10 tetes oil. Untuk kelainan bronchial (saluran pernafasan) dapat dibubuhkan antara 5 – 15 tetes dalam mangkuk air panas dan dihirup uap panasnya antara 5 – 10 menit.

Untuk mengurangi bronkitis, seperti halnya sakit asma dan flu, dapat dilakukan dengan berendam di bath tub (bubuhkan hingga 7 tetes pada air hangat-hangat kuku tanpa menggunakan sampo atau sabun yang berlebihan), atau dikompreskan di atas dada. Infeksi juga dapat dilakukan melalui terapi bath tub atau uap air. Mengatasi sejumlah penyakit rematik direkomendasikan untuk membubuhkan 30 tetes minyak kental yang dicairkan ke dalam 50 ml minyak nabati, dan oleskan pada daerah yang sakit, seka 2 – 3 kali per hari.

Secara psikologis dapat membantu berkonsentrasi dan menambah kemampuan untuk membuat keputusan; perlahan mengubah dan menurunkan pikiran orang-orang bertemperamen tinggi.

Tea Tree Oil secara luas digunakan dalam bidang kosmetik. Kita dapat menciptakan krim Tea Tree sendiri dengan menambah porsi krim netral, 5 – 15 tetes oil.

Krim ini membantu kita mengurangi iritasi dan memberi kehalusan dan elastisitas pada kulit, ideal untuk kulit sensitif dan iritasi. Jika ingin menghilangkan kutil yang mengganggu, kita dapat memakai tetes Tea Tree oil dan satu tetes minyak jeruk secara langsung ke kutil sepanjang malam dan balut dengan kain kasa tipis atau kapas, yang harus dibuka di pagi harinya. Ulangi cara ini setiap malam dan dalam tiga atau empat minggu kita dapat melupakan kutil yang mengerikan itu?

Juga berkaitan dengan rambut kita, dengan mengatur aktivitas kelenjar sebaceous (kelenjar yang ditemukan di bawah kulit, fungsinya untuk membantu melicinkan kulit) secara teratur (menghindari rambut terlalu berminyak dan rambut kering). Untuk melakukannya dapat membeli sampo yang telah berisi oil ini atau kombinasikan penggunaan tiap hari dengan beberapa tetes essential oil dari tea tree (kami merekomendasikan 2 – 4 tetes). Sangat efektif melawan ketombe.

Masalah kutu rambut? Letakkan pada tangan sampo yang akan digunakan untuk mencuci rambut dan tambahkan empat tetes essential oil, kemudian basuh seperti biasa. Untuk membersihkan telur kutu, kita sikat dengan sisir -untuk kasus khusus ini- celupkan pada Tea Tree. Ingat bahwa kita mungkin tidak perlu melakukan ini, karena penggunaan sampo dengan essential oil secara reguler, juga sebagai cara pencegahan, untuk menghindari telur kutu dan kutu.

Masalah kutu pada binatang kesayangan? Seperti yang akan Anda lihat, tree tea oil memberi kita bantuan penting dalam situasi bervariasi. Jika binatang kesayangan Anda memiliki kutu, saya merekomendasikan untuk menyiapkan alkohol 96% di dalam botol 80 ml, 5 ml essential oil dari pohon teh murni dan 15 ml air suling. Oleskan lotion ini pada binatang kesayangan Anda.

Tea Tree Oil bersama dengan Lavender itu sendiri dipertimbangkan “aman” untuk diterapkan secara langsung ke kulit, sisa dari oil seharusnya dicairkan di dalam media oil untuk menghindari iritasi.

Tambahan ni

Apa itu Tea Tree Oil ?
Mungkin sebagian besar dari Anda belum mengetahui apa khasiat tea tree oil untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Tea Tree Oil (TTO) atau Melaleuca alternifolia leaf oil ternyata memiliki aktivitas invitro antimikrobia spektrum yang luas sehingga dapat digunakan sebagai anti septik, anti fungi dan anti mikrobia. Karena aktivitasnya tersebut maka tea tree oil banyak digunakan sebagai bahan untuk pengobatan ketombe, jerawat, bahkan herpes. Suatu penelitian menyebutkan bahwa 5 % ekatrak tea tree oil murni efektif dalam penyembuhan jerawat tingkat sedang apabila dibandingkan dengan 5% benzyl oxide. Disamping memiliki aktivitas anti mikrobia, tea tree oil ini juga memiliki aktivitas anti inflamasi (anti peradangan) sehingga lengkap sudah manfaat tea tree oil ini sebagai bahan anti acne (anti jerawat). Selain berkhasiat membunuh jamur dan bakteri, tea tree oil juga berkhasiat untuk menyembuhkan bengkak jerawat serta merawat kecantikan kulit agar selalu bebas jerawat.

Amankah Tea Tree Oil dalam kosmetik?
Tea tree oil juga sangat aman digunakan secara rutin, juga tidak menimbulkan efek toksik pada kulit. Tea tree oil hanya dapat menimbulkan efek toksik apabila ditelan. Efek toksik tersebut dapat berupa diare, muntah, pusing, halusinasi bahkan koma. Jadi Tea tree oil hanya digunakan sebagai obat luar, tidak untuk ditelan. Tea tree oil tergolong sebagai obat topikal (obat yang di oleskan di permukaan kulit).

Produk apa yang mengandung Tea Tree Oil?
Saat ini banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan bahan tea tree oil sebagai anti acne. Tetapi kita harus benar-benar pintar memilih produk mana yang benar-benar bermutu. Berikut ini adalah satu set produk anti acne yang diproduksi dari bahan dan saripati alami serta dikembangkan di pabrik berteknologi tinggi di bawah pengawasan standar mutu internasional.

TEA TREE
Tea Tree merupakan rangkaian produk anti acne dari Oriflame yang efektif merawat dan menyembuhkan wajah berjerawat.
Mengikuti konsep dari Pure Nature Organic, Tea Tree tercipta dari daun Tea Tree yang ditanam secara organik untuk mempertahankan khasiat alaminya kemudian dipetik secara hati-hati dan disuling dengan penguapan sehingga menghasilkan minyak yang murni bagi kulit anda.

About these ads
Kategori:Kesehatan
  1. Agustus 16, 2012 pukul 6:02 am

    These are genuinely impressive ideas in regarding blogging.
    You have touched some pleasant points here. Any way keep up wrinting.

  2. Desember 28, 2012 pukul 7:02 am

    Very soon this web site will be famous amid
    all blogging and site-building viewers, due to it’s pleasant articles

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 57 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: