Beranda > education > Kampung Inggris di Pare Kediri [INFO LENGKAP DAN UPDATE]

Kampung Inggris di Pare Kediri [INFO LENGKAP DAN UPDATE]

Introduction

Tempat ini sangat tepat bagi anda yang ingin belajar bahasa inggris secara intensif dan komprehensif, walaupun kemampuan anda masih NOL besar… sebagai gambaran, sebelum berangkat, skor TOEFL saya 420, setelah ‘bersemedi’ disana selama 3,5 bulan menjadi 563!  (ini aku loh ya… tp, ada juga yang betah disana sampe bertahun2… tergantung preference masing2..). Tidak hanya itu, kemampuan translasi dan english writing pun aku peroleh. Oh ya.. salah satu syarat menuntut ilmu itu adalah ‘thuulul zaman ‘, artinya ‘waktu yang panjang’, jadi proporsi ilmu yang diperoleh sesuai dengan kadar waktu yang dihabiskan… (Jadi saya harap tidak ada lagi yang bertanya minta rekomendasi program supaya jago grammar dan lancar ngomong english dlm waktu 1 bulan, misalnya.)

Tentang suasana disana, selayaknya kondisi daerah Jawa Timur pada umumnya, cukup panas bagi orang Jawa Barat – anda bisa mandi sesering anda bisa – namun relatif lebih teratur. Terletak di beberapa desa yakni desa Pelem, Tulungrejo, dan ‘anu’ (lupa). Suasana lebih mirip perumahan di Jawa Barat yang berblok-blok dengan jalan beraspal berpinggirkan pohon kersen.

Di tempat tersebut, terdapat banyak sekali lembaga kursus bahasa inggris (umumnya) maupun bahasa lainnya seperti : arab, jepang, cina, korea, sayangnya tidak ada lembaga bhs Jawa … “rongewu rongatus…” Selain bahasa, ada juga kursusan komputer dan sempoa aritmatika, dengan biaya yang miring juga tentunya…. Teruuuss.. kata pepatah: Ada gula ada semut…! so, Ada kursusan ada kosan juga tentunya… ^_^ ini juga akan dibahas nanti, tenang aja…

Perlu diperhatikan, bahwa artikel ini subjektif berdasarkan pengalaman saya pribadi. Kasusnya bisa berbeda untuk orang dan situasi yang berbeda pula… Sebagai pertimbangan untuk penyesuaian untuk kasus Anda, saya informasikan bahwa saya lulusan Matematika ITB dan saya datang kesana untuk belajar grammar secara komprehensif dan sedikit pronunciation dan speaking untuk tes TOEFL sebagai salah satu syarat studi ke luar negeri. Saya tekankan, saya bukan staf dari salah satu lembaga disana. Mohon maaf jika ada pihak yang merasa di untungkan terlebih yang dirugikan, tidak ada maksud apa2 dari tulisan ini selain berbagi informasi berhubung banyak teman yang bertanya dan kurangnya informasi yang tersedia di web. Tambah lagi, semua informasi yang saya ketahui sudah saya tuliskan disini, dan sekarang saya sudah tidak di Pare lagi… jadi saya tidak tahu info kosan dan kursusan lebih jauh lagi, hanya yang dituliskan disini saja.

 

Program

Umumnya, kegiatan belajar di kelas diselenggarakan setiap hari, 1 atau 2 pertemuan sehari, bahkan bisa sampai 3 kali sehari. Tapi gak perlu takut… tetap ada libur kok, sabtu dan minggu, walaupun terkadang hari sabtu juga ada kelas, kalau memang diperlukan… Jadi jika mengambil lebih dari dua program bersamaan, dijamin bakalan ‘lumayan’ sibuk tuh, ato bahkan terpaksa  selang-seling bolos karena ikut kelas program yg laen.. (aku salah satu oknumnya )

Untuk memilih program yang tepat bagi anda, saya sarankan pilihlah program dibeberapa kursusan yang berbeda sesuai dengan spesialisasi/karakteristik kursusan yang bersangkutan. Untuk itu, saya bagi lembaga2 bahasa disana berdasarkan materinya, (ini versi saya loohh…) (oh ya.. masih banyak yg nanya rekomendasi kursusan ternyata.. dan pertanyaan spt itu tidak akan saya balas.. maaf.. hanya sebatas ini saja ya.. semua rekomendasi sudah terangkum disini. silahkan rencanakan sendiri sesuai dengan kebutuhan anda).

  1. Grammar (basic, translation, writing)

Untuk urusan yang satu ini saya punya dua nama, ELFAST dan SMART. Sejujurnya, saya tidak pernah belajar di smart namun saya siswa tulen nya elfast. Karakteristik kedua lembaga ini adalah ahli dalam urusan grammar (basic), namun elfast lebih ahli (terahli) dalam advance grammar plus langsung menerapkannya dalam materi translation dan writing. Perbedaan lainnya, di elfast lebih bersifat kuliahan yakni terserah kedewasaan anda dalam belajar dan memilih kelas, anda bisa melahap habis semua materi dalam 3-4 bulan (termasuk TOEFL) jika mampu tentunya, dengan mengambil dua program sebulannya. Saran saya, jika bisa mengerti semua materi yang diberikan dengan baik, ambil basic I dan II (bulan I), translate dan writing (bln II), grammar school/bedah buku dan TOEFL (bln 3) dengan tidak mengambil kelas pre-grammar (sangat dasar) dan pre-TOEFL (kelas ini saya sarankan untuk di ikuti hanya jika anda tidak mengambil translation atau writing). Sedangkan di smart, lebih saklek. Salek yang pertama, pengambilan kelas harus terurut mulai dari awal dahulu, tidak bisa loncat atau ngambil dua sekaligus dan ada testing masuk, alhasil anda perlu minimal 4 bulan untuk 4 kelas dalam menamatkan studi disini. Saklek yang kedua, anda diharuskan menghafal materi termasuk certain words nya — ada beberapa jenis certain words yang mesti dihafal. Setiap hari anda harus setor hafalan kepada teacher anda. Namun demikian, saya kira tempat ini sangat bagus bagi anda yang perlu tekanan untuk belajar dan memiliki waktu luang. Saran saya, setelah anda beres belajar di smart, lanjutkan di elfast mulai dari translation sampai TOEFL. Biasanya, apapun kursusan anda sebelumnya, selalu ditamatkan di Elfast untuk belajar advanced english.

Yg lainnya: Mahesa, Kreshna, Logico, BEC, EECC, dll…

  1. Speaking

Klo yang ini saya ga bisa ngomong banyak, karena saya hanya ikut satu kali kelas speaking di Marvellous. Namun, berdasarkan kabar temen2 disana, lembaga speaking yang termahsyur disana adalah DAFFODILS. Kabarnya, di tempat ini anda terpaksa dan dipaksa untuk berbicara di kelas sekemampuan anda. Alhasil anda terbiasa ng-english tanpa canggung ama yang namanya grammar… Grammar? Emang gue pikirin… gitu katanya…

Yg lainnya: Mahesa, Logico, Marvelous, Awareness, dll…

  1. Pronunciation and Expression

Nah, untuk yang ini, MARVELLOUS is strongly recommended lah pokoknya… pengalaman sang president, Mr Tantowi, yang 5 tahun berpendidikan bahasa di Amrik jaminannya. Disini anda akan belajar cara ngomong mulai dari huruf, kata, sampe kalimat, weak & strong form dan banyak lagi sampe orang ga bakalan ngerti sama apa yang kamu ucapin…^_^ disamping itu, expression asli made in Amrik nya banyak banget (bukan ekspresi Indonesia to English)… mulai ekspresi sopan dan santun sampe ekpresi *tiittt!!*… banyak tersedia disini.. Kalau bisa, sempatkan untuk ngekos disini biar dapat daily expressions yang melimpah.

Yg lainnya: Daffodils, Awareness, dll…

  1. TOEFL

Klo TOEFL, balik lagi ke ELFAST. Duet sang jawara grammar, Mr Andre ama Mr Sonhaji, jadi jaminannya. Teope begete deh…

Yg lainnya: Mahesa, dll…

Catatan: ‘Yg lainnya’ juga ga kalah bagusnya sebenarnya, mungkin ya… ga pernah nyoba sih… Ada ‘dll’ karena masih banyak lagi kursusan yang aku ga tau.

Umumnya setiap program diselenggarakan untuk lama belajar selama 1 bulan, (‘umumnya’ loh ya… ada juga yang menawarkan program untuk 2 minggu, misalnya). Klo misalnya waktu Anda tidak seleluasa itu, ya ikut saja program yg ada, sisanya anda pulang saja… ‘good bye’ gituu…  Setiap bulannya, terdapat dua gelombang, yaitu gelombang pertama periode tanggal 10 setiap bulannya dan gelombang kedua periode tanggal 25. Jadi, jika anda berniat kesana, datanglah sebelum tanggal 10 dan 25 setiap bulannya (ini artinya pendaftaran/kelas dibuka setiap bulan… *maaf, soalnya masih ada yg nanya). Penting untuk diketahui, pada musim liburan sekolah/kuliah, banyak sekali orang yang datang sehingga jangan heran kalau susah sekali mencari kosan yang kosong dan biasanya kuota program sudah penuh sebelum tanggal 10 atau 25, so… cepat2lah daftar !! first come first serve…

Kursusan yang saya bahas di atas adalah kursusan yang umumnya diikuti oleh usia SMA atau lebih, ada yang sedang kuliah, beres kuliah, bahkan ada juga dosen yang belajar english disini. Sedangkan untuk usia dini (SD misalnya), saya kurang tahu. Tapi pernah saya lihat 1 kursusan khusus anak  usia SD dan SMP, umumnya memang untuk anak2 yang bersekolah formal disana. Lebih dari itu, saya tidak tahu lagi.

Kosan

Kosan terbagi dalam setidaknya dua kategori. Pertama, kita sebut saja ‘pure kosan‘, kedua kosan English area. Pure kosan maksudnya adalah kosan yang asli kosan, hehe…. cuma tempat nginep doank, ga pake yang lain. Namun, anda bisa memilih mau ngekos di asrama pesantren ato di kosan biasa ato di kosan yang lengkap dg berbagai macam aturan. Klo English area, yaitu kosan yang juga memiliki program bahasa English, mulai dari kewajiban berbahasa inggris sehari-hari sampe kelas inggris seperti telah saya uraikan dalam  bagian ‘Program’ diatas. Kosan putra dan putri terpisah tentunya… yah… *lol

Oh ya… saya tidak punya cp kosan… *titik

English area: Access, Marvelous, Eternity, dll…

Biaya (data thn 2007)

Hhm… Loe pade bakalan terkejut klo dah nyampe urusan yang satu ini…. Berikut adalah data pada Desember 2007: (rata2)

Kursus perprogram : 80 rb perbulan

Pure kosan : 50 rb perbulan

English area : 100-150 rb perbulan

Makan pagi (nasi pecel) : 1500-2500

Nasi ayam bakar : 4000

Nasi soto : 2500

Es jeruk : 1000

Bakso : 2500

Buah2n : 500

Alhasil, biaya total selama sebulan + 500 rb sudah termasuk minuman (es jeruk dll), internet 3000/jam, dan buku2. Tips, belilah buku sebanyak2nya (klo mau), harganya miring banget walau dibanding palasari sekalipun… tapi inget, pikirkan pulangnya…. berat tau..! )

Transportasi (data thn 2007)

  1. Menuju Pare (ilustrasi, lihat bag ‘Map’ di bawah)

Pada dasarnya, dari arah jawa barat, kita tinggal menuju kota Kediri, terserah mau menggunakan alat transportasi apapun. Dari daerah lainnya juga sama (baik dalam atau luar pulau jawa), tinggal menuju ke kota Kediri dulu (mohon jangan tanya detailnya naik angkutan apa saja, itu terserah Anda.. saya juga ga tau^^). Kemudian dilanjutkan ke Pare dengan menumpang angkot. Lebih detailnya seperti berikut, sebagai gambaran saja:

a) Kereta

Ekonomi Bandung – Kediri, tarif 38rb, lama + 17 jam, berangkat sore tiba pagi (jangan lupa shalat di kereta, tayamum, jama’ dan qashar).

Dari stasiun Kediri, jalan kaki atau naik becak (max 5rb) ke jalan raya.

Kemudian naik angkot Kediri-Pare (ada tanda P dilingkari) + 25 km 6rb, turun di kantin Danis, Jl. Brawijaya (jangan mau ditawari di antar, mahal).  Silahkan lihat bagian ‘Map’ di bawah. Nah, sekarang anda telah berada di lingkungan Pare, selanjutnya nyari kosan. Untuk nyari kosan, bisa langsung nyari pake becak (jarang ada ojeg) atau jalan kaki aja. Atau anda titipkan dulu barang bawaan anda di tempat les yang dituju atau ke kontak/teman Anda disana.

b) Bus

Bus Kramat Djati, 120rb, atau Pahala Kencana, 135rb, Bandung – Kediri. Berangkat sore tiba pagi2. Katakan saja sama kendek, ‘Mau ke Pare’ nanti diturunkan di tempat yang dilalui angkot Kediri-Pare.

  1. Di Pare

Umumnya untuk transportasi disana, kita beli sepeda bekas aja. Harga sekitar 50-75 rb. Sepeda ini digunakan karena kosan-lesan1, lesan1-lesan2, dan seterusnya lumayan jauh untuk ukuran jalan kaki dengan cuaca yang cukup panas.

Fasilitas

Ngomong2, kampoeng ini dekat dengan kota kecamatan Pare sehingga fasilitasnya cukup lengkap. Jika anda les di Elfast, berarti anda sudah dekat ke Mesjid Agung Pare dan stadion sepakbola. Tinggal bersepeda sebentar, anda akan sampai di alun2 Pare, pasar, bank Mandiri, BRI dan BNI.

Fasilitas kolam renang dan fitness center pun dapat anda nikmati. Begitu pula dengan akses internet yang relative murah dan cepat.

Tips

Jangan sia-siakan waktu anda di Pare, rencanakan studi anda sependek mungkin. Lagi2 saya sarankan comot setiap program di setiap kursusan yang terbaik di bidangnya. Well, semua terserah Anda, sesuaikan dengan situasi dan kondisi Anda.

Acknowledgement

Herewith I would like to thank all of my Pare English teachers – Elfast: Mr. Andre, Sonhaji, Ahmed, Ahsan, Ms. Santi, Ani, Arin; Marvellous: Mr. Tantowi, Faruq, Ms. Nimas, Vivin; Ms. Ambar – and all of my Pare friends. Wish u all the BeSt….    Oh ya, sama masyarakat sekitar juga, terutama bapak kos yang baik bangets…

Alamat & Kontak

Semoga kontak berikut sudah cukup bagi Anda, karena saya tidak bisa lagi memberikan kontak yang lainnya (misal kontak kosan, dll.. ga punya awakk..).

Elfast

Jl. Anggrek No. 17 Pare Telp: (0354) 399844 Pare, Kediri

Marvellous

Jl. Anyelir No. 18 Tulungrejo-Pare. 0888-318-4718 / 081-34567-0535

Daffodils

Jl. Dahlia No. 21 Pare. Telp/SMS: (0354) 7043450

NB :

- Ada kursusan baru namanya Logico, ‘adik’nya Efast. Saya tidak tahu sama sekali tentang kursusan ini.

- Mohon maaf klo ga semua comment aku approve dan aku balas. Saya usahakan merespon setiap komentar anda jika diperlukan (e.g. belum ada di artikel).

— direvisi tanggal 19 juli 2009 — 10 June 2010 — 3 November 2010 — semoga bermanfaat

Links (silahkan di klik saja…)

Hi, I am from Pare. And I speak English (klo ilang sandal jepit, cari di web ini! )

ELFAST

SMART

ETERNITY

Map (Peta)

Silahkan klik kanan link di bawah ini dan ‘open in a new tab’ (if you wish) untuk melihat denah ‘kampung inggris’ Pare yang saya buat di google map. Disana saya gambarkan juga how to get to Pare, bagaimana menuju kesana. Klik aja pada tanda2 yang saya berikan disana, untuk melihat penjelasannya, di zoom dll.. as u wish lah pokoke..

View Pare, Kampung Inggris @ Kediri in a larger map

Respond/Testimony

comment from risi: (thanks for your respond )

“asslu’alaikum,,,
q cuma mu sharing az,,
buat temen2 yang mu ke pare-khusus’a cewe- q saranin bwt ‘ng-camp’ di ‘logico’,
q pernah ng-camp di sono g lama c cm 2 bulan,
tp lumayan lah,etles q lumayan bisa ngomong pke english-meskipun masi pare’s style,,hho-
selain speaking 24 full english,daily conversation,pronun dll,di sono juga di ajarin writing-qt basa prektekin grammar qt dlm bntuk tulisan yg langsung di bimbing ma mr’andre(kadang klo beliau sbuk or ad jdwl di elfast camp di ganti sama mr.faiz),
kadang belajar grammar az g cukup klo g ad praktek’a,
n yg bikin beda ma camp laen di sini belajar formal speaking!
owh’a satu lagi yg g kalah penting’a di sini camp’a b’orientasi TOEFL,
SO..buat yg pengen dapetin scor toefl ya gude ng-camp sini az,,
kalo pengalaman q c yg paling susah di toefl twh reading+listening’a..
n selain di kursusan q jg dapetin banyak excersises bwt toefl di sini.”

Source : http://islah22.wordpress.com/2008/06/23/pare-kampung-inggris/

Tambahan hotline nya nih

  1. ~DAFFODILS : 0354-7043450/081359073794/081234055005
  2.  OXFORD : 081233590908
  3. ELFAST : 0354-399844
  4. KRESNA : 081252454323
  5. SMART : 085257999122
  6. MAHESA : 0354-398123
  7. BEC : 0354-392987
  8. UNESCO : 081321734856
  9. INTENSE : 081335398189
  10. ACCESS : 0354-399925
  11. THE GRAVITY : 081331741750
  12. BE FRIEND : 0354-398170
  13. GLOBAL ENGLISH : 0354 398235

Tambahan

1. Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kab. Kediri Jati
Kursus yang ada :
BEC
Program : 6 bulan
Sasaran : Grammar, Speaking
Biaya : Masuk : Rp 150 rb + Spp : Rp 50rb / bln
Suasana : Agak resmi, pake sepatu, meja kelas kaya SMA,
seragam hitam putih hari jumat dan ujian, wanita muslim pake jilbab,
dilarang masuk kelas pake sarung bagi yg cowok
HEC 1 & 2
Program : 3 bulan
Suasana : Mirip BEC (cabangnya BEC sih)
Harvard
Program : 1 bulan
Suasana : Bebas
Biaya : kalo ngga salah Rp 75 rb / bln / program

2. Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kab. Kediri Jatim
Kursus yang ada :
ELFAST
Program : 2 Minggu & 1 Bulanan
Biaya : Rp 40rb – 85rb / bln (tergantung program apa yang dipilih
Suasana : Bebas
Sasaran : Grammar, Translation, Writing & TOEFL
Daffodiles
Program : 2 Minggu & 1 Bulanan
Biaya : Rp 70-an / bulan
Sasaran : Speaking & Pronounciation
Suasana : Bebas
Mahesa Institute
Program : 2 minggu, 1 bulanan dan program D2 plus
Biaya : tergantung ambil program yang mana
Sasaran : Grammar, Speaking
Suasana : agak resmi hampir sama dengan BEC
Smart ILC
Program : 1 bulanan
Biaya : Rp 70-80rb an/bln
Suasana : Bebas
Sasaran : Grammar
Smart ILC juga punya homestay english area yang disebut S’TORY (Smart Dermitory)
Access
Program : 1 bulanan
Biaya : Rp 70-80an/bln
Suasana : Bebas
Sasaran : Pronounciation, Speaking dan Grammar
Access punya homestay english area yang disebut Access girl/boy
Marvelous
Program : 1 bulanan
Biaya : Rp 70-80-an
Suasana : Bebas
Sasaran : Speaking, Pronounciation dan Grammar
Marvelous punya homestay english area juga yang namanya Marvelous 1, 2, 3, dst
Krishna
Program : 2 mingguan, 1,5 bulan dan 1 bulanan
Biaya : Rp 20 rb – Rp 150rb
Sasaran : Grammar & Speaking
dll (banyak banget)
Transport :
1. Naik KA
=> Dari Jakarta Ps. Senin naik KA jurusan Malang turun stasiun Kediri
Dari St.Kediri naik becak ke Halte bis Toyota (bayar max. 7rb), Dari Halte tunggu bis besar Jurusan Surabaya yang lewat Pare (hati2 jangan sampe keliru bis yang lewat Kertosono) / naik bis 3/4 warna biru (puspa indah) jurusan Malang turun di BEC Pare ( bayar max. 4 rb). Dari situ kamu segera cari kost dan kursusan sesuai dengan waktu yang kamu punya
=> Dari Jakarta Gambir / Senin naik KA Jurusan Surabaya / Jombang turun St. Jombang
Dari stasiun Jombang keluar melalui pintu utama kemudian jalan ke arah kanan sampai menemukan perempatan besar, nyebrang rel dan jalan raya kemudian naik bis ke arah Kediri/Trenggalek yang lewat Pare. Turun di lampu merah perempatan Tulungrejo (bayar 4rb)
Dari perempatan Tulungrejo naik becak ke Mahesa Institute bayar max (10rb)
Dari Mahesa segera cari kost dan kursus.
2. Naik Bis
Cari bis jurusan Kediri turun terminal kediri. Dari terminal naik bis besar jurusan Surabaya yang lewat Pare (hati2 jangan keliru yg lewat Kertosono) atau minibus warna biru jurusan Malang lewat Pare turun di BEC Pare. (bayar 4rb). Langkah selanjutnya sama dengan naik KA bagian pertama
Biaya Makan :
Nasi Ayam : Rp 3500-4rb
Nasi Goreng : Rp 2500-4rb
Bakso : Rp 2rb – 4 rb
Mi ayam : Rp 2500
Nasi Sayur : Rp 1500-2rb
Biaya Kost :
english area : Rp 90-220rb (include program)
non english area = Rp 40-80rb
Tempat Nongkrong :
Garuda Park (Banyak makanan)
Gua Surowono (adventuring susur gua) for free
Masjid An Nur (Masjid Agung Kab. Kediri)
Alun-alun Pare (Banyak makanan)

Tambahan sumber 2

Pare lebih di kenal sebagai tempat beradanya kampung inggris. Kampung inggris ini tepatnya berada di desa Tulungrejo, Pare, Kediri. Disini terdapat berbagai macam tempat kursus bahasa inggris, mungkin lebih dari 20 tempat. Program yang di tawarkan oleh setiap tempat kursus cukup bervariasi, antara lain grammar, speaking, pronunciation, translation, writing dan TOEFL.

Jadi sebelum memutuskan ingin memilih tempat kursus, alangkah baiknya dipilih dulu apakah grammar, speaking pronunciation, translation, writing, TOEFL yang menjadi tujuan belajar di Pare.

Tempat Kursus & Program

1. Program grammar

Ada beberapa tempat yang genrenya adalah grammar, antara lain Elfast, Smart, Kresna, Mahesa, dll. Di tempat ini kita bisa mengenal grammar dari nol. Part of speech, tenses, seven summaries alias konsep 2 kejadian, modals, clausa, comparison degree, gerund, dll.

2. Program speaking

Daffodil, Access, Webster, Ocean, Mahesa, Harvard, Marvelous, adalah beberapa tempat kursus yang menyediakan program speaking. Di kelas speaking yang biasa dilakukan antara lain diskusi, debat, presentasi, mendengarkan lagu, games, dll. Jangan kuatir bagi yang belum PD ngomong bahasa inggris karena yang penting di kelas speaking adalah berani ngomong, masalah grammar bisa diatur.

3. Program pronunciation

Program ini bisa disebut juga program senam mulut, karena yang dipelajari disini tentang bagaimana cara ngomong orang bule ngomong. Kita juga diberi tahu tentang bagaimana cara membaca kamus beserta tanda bacanya. Jadi, kalo di Pare rugi kalo tidak mengambil kelas pronunciation. Kelas pronunciation disediakan oleh Daffodil, Access, Marvelous, Smart, Ocean.

4. TOEFL

Jika ingin masuk kelas TOEFL alangkah baiknya grammar kita sudah mantap. Jadi saat di kelas kita tak lagi mengalami kesulitan tentang clausa, gerund, part of speech, dll. Di kelas TOEFL ada 3 hal penting yang dibahas yaitu structure and written, listening dan reading. Kelas TOEFL ada di Elfast, Smart, Kresna, Mahesa, dll.

Tempat Kursus

Hampir semua tempat kursus di Pare memulai perogramnya setiap tanggal 10 dan 25. Jadi jika hendak mengambil kursus disini sebaiknya datang sebelum tangggal-tanggal tersebut. Kelas yang di tawarkan ada yang per satu bulan atau per dua minggu. Ruang kelasnya tidak seperti di ELTI atau LIA, karena kebanyakan kelasnya lesehan seperti kita ngaji di TPA. Kelas pada umumnya berdurasi 90 menit. Biasanya dimulai jam 7 pagi, tapi ada juga yang memulai program jam 5.30. Tinggal pilih saja.

Biaya program sanggat bervariasi. Dari yang 20 rb sampai 150 rb per program. Ada juga tempat kursus yang menyediakan asrama (camp) bagi siswanya. Kalo dihitung-hitung termasuk murah karena selain dapat tempat tinggal, bebas biaya program kita juga tinggal di English Area.

Tempat tinggal

Ada dua pilihan untuk tinggal disini yaitu kos biasa atau asrama (camp). Kalo kos ya seperti kos pada umumnya. Camp dalam arti English Area adalah kos yang meyediakan fasilitas English Area dimana para penghuninya diwajibkan ngomong pakai bahasa inggris. Baik mau makan, di kamar mandi, nonton TV, pokoknya segala aktivitas di kos harus pakai bahasa inggris. Fasilitas lain di camp adalah program setelah subuh, biasanya menghafalkan vocabularies, sedangkan program setelah magrib biasanya debat, diskusi, nonton film, tergantung dari campnya. Bagi yang pengen speakingnya lebih lancar, tinggal di camp bisa menjadi pilihan.

Biaya hidup disini standar, sekali makan rata-rata 4 ribu rupiah (nasi+sayur+telur+ es teh). Sediakan bugjet juga untuk membeli buku, khususnya referensi dan kamus, karena buku-buku yang tersedia disini sangat membantu kita dalam belajar.

Tak perlu kuatir terisolasi dari peradaban, karena sini terdapat toko buku, warnet, rental komputer, rental komik, bioskop mini. Hanya satu yang tidak tersedia yaitu mall. Kalo ingin ke mall ya musti pergi ke kota Kediri atau ke Malang.

Jadi tak perlu bingung lagi ketika hendak memutuskan belajar bahasa inggris di Pare. Karena di Pare, di kampung inggris, adalah tempat paling kondusif untuk belajar bahasa inggris. Tabik!

http://nessy.blogdetik.com/2009/04/18/belajar-bahasa-inggris-di-pare/

tambahan 3

BEC
BEC adalah lembaga bahasa Inggris tertua di Pare.. BEC adalah pioneer berdirinya kampung inggris dan didirika oleh Mr.Kalend gan..
Dya yg punya ide bikin BEC dan kampung inggris gann..Di BEC waktu tempuh untuk menyelesaikan pendidikannya min. 6 bulan gan..mencakup grammar, speaking, pronounciation..dalam kurun waktu 6 bulan itu akan terbagi kedalam 3 tingkatan gan.. Tapi ane lupa apa aja tingkatannya, krn ane ga pernah di BEC gan.. Ane takut ketuaan gan disana, keburu jenggotan heheheheee…Sistem nya BEC sama kaya sekolah gan, Setiap hari harus masuk dan jadwalnya dari pagi sampe sore gan.. pokoknya kaya sekolah deh..Dan setiap wanita di wajib kan menggunakan kerudung.. tidak terkecuali..Dan peraturannya tiap hari jum’at di haruskan menggunakan seragam putih-hitam gan.. ane ga tau apa maksudnya.. mungkin mau PKL kali gann heheheheehee…Biaya kursus nya antara 100-150 rb gan.. tp ga termasuk kalo agan/sis mau nambah kaya program les lain di BEC atau di luar nyaa gann..Tp setau ane, kalo udah masuk BEC susah buat nyambil di kursusan laen gan..Setelah 6 bln, kalo agan mau ngelanjutin utk jd guru dan dpt sertifikat guru dr BEC.. agan harus ngelanjutin program 3 bln lg gan..
Sistem penerimaan BEC agak ribet gan ketimbang yg laennya..
BEC menerima siswa setiap 3 bln sekali..setau ane sih tiap bulan Juni,September,Desember,Maret gann..Dan untuk pendaftarannya di buka sebula sebelum di mulai ajaran baru, atau angkatan baru gan.. Udah kaya sekolah deh gan..Ane saranin gan, kalo agan/sis ga punya waktu banyak di pare, jgn ngam,bil BEC deh gan.. krn harus min.6 bln gan.. (Info : ane ga begitu tau banyak ttg BEC krn ane ga di BEC gan, jd sory ye)

ELFAST

Ane kursus di Elfast gan..kalo agan/sis mau ngambil :
-Grammar (paling bagus di ELFAST gan.. krn aada 3 tempat yg paling bagus di pare buat grammar gann : ELFAST, SMART, satu lg ane lupa gan..)
-Speaking
-Pronounciation
Tiap2 program masa nya sebulan atau 2 minggu an gan..
Tapi kalo grammar per bulan nan..Tapi nanti ada tingkatannya dari yang paling dasar sampe paling canggih gan..Kalo di sini kebanyakan orang2 nya mau ngejar dan nyari TOEFL gan.. (Info : kualitas bahasa inggris di pare no.1 di seluruh Indonesia gan.. makanya susah dapet skorr tinggi TOEFL di pare.. mungkin kalo agan dpt skor TOEFL 550 di daerah agan, mungkin di pare cuma 400 gan.. karena tingkat dan kuualitasnya berbeda gann )
Disini jg ada IELTS gan kalo agan mau nyari nya…Sistem kenaikan tingkat disini bebas.. jika kita sekaligus ngambil 2 program pun tak apa, asal kita mampu saja..Dan jika kita takm lulus di ujian akhir nya, maka kita tak dapat sertifikat gan,, tp boleh melanjutkan ke tingkat selanjutnya gannn
(Menurut ane gpp gann, kan kita butuh ilmunya buka sertifikat nya gan heheheee )
Program speaking biasanya 2 mingguan gan, dan hampir rata di seluruh kursusan gan, walaupun ada jg yg sebulan gan..Kalo agan mau privat jg ada gan, tinggal nego ama pihak lembaga..
ELFAST jg menyediakan dormitory atau camp ebglish area dng berbagai peraturan yg udah di tetapkan lembaga.. misal bangun jam 4 subuh buat solat jama’ah dan setelah itu dilanjutkan masuk kelas buat blajar.. ini emang kelas yg di sediain oleh camp gan.. ga cuma di ELFAST aja.. tp di semua tempat camp baeik camp cowo atau cewe
Biaya di ELFAST antara 70-190 rb/bln tiap program
Yg plg mahal sih program IELTS gan, tp ini ga termasuk DORM/Camp yaa gan.. biasanya DORM/Camp 200 an rb gann

Acces
disini terdapat :
-Grammar
-Speaking
-pronounciation gan
Penjelasan hampir sama kaya Elfast (Cuma ga begitu bagus buat grammar, tp bagus buat speaking)..Ada DORM/Camp nya jg gan…Rate harga 80-180 rb gan… Dorm 200 rb an lah..Biasanya paketan gan.. semua (program dan DORM =350-400rb gann)

smart
Disini terdapat ;
-Grammar
-Speaking
-Pronounciation
Penjelasan sama kaya kursusan sebelumnya gan, ada DORM nya jg gan..
Dan harga pun ga jauh beda gan.. sama kaya lembaga sebelumnyaa
Cuma. kalo di SMART agan harus sampai 5 bln gan (khusus yg mau ngambil grammar).. dan peraturan disini ketat bgt gan.. buat masuk grammar nya harus tes dulu.. dan kalo kita ga lulus di tingkat kita, kita ga boleh ngelanjutin ke tingkat selanjutnyaa gann (ga kaya ELFAST yang membolehkan kita naek tingkat walaupun di saat kita ujian ga tuntas)
Jadi kita harus ngulang lg deh, dan biaya membengkak deh..Penjelasan hampir sama kayak sebelumnya gann

Ocean
Disini tersedia
-Grammar
-Speaking
-Pronounciation gan
Penjelasan hampir sama kaya sebelumnya gann….Rate harga pun demikian gann…ada DORM/CAMP jg gann..
Oyaa, di OCEAN ini juga ada kursus Bhs Arab nya lho gan..Ane dulu jg skalian ngambil Bhs arab gan.. maklumlah.. SMA di JKT ga ada Bhs Arabnyaa.. padahal Bhs Arab penting.. mana orang Arab kan pada banyak duit, Mereka kan Raja Minyak gan.. Oleh karena itu ane blajar bhs arab.. mengingat prospek dunia arab yg sekarang maju gann.. Dan di seluruh Pare, OCEAN lah yang paling bagus Bhs Arab nya.. cara ngajarnya enak, Gurunya ajibb.. Namanya Ustad Thoyib.. Beuhh ane kalo inget ustad Thoyib.. Dya guru yg sangat berjasa ke ane gan.. karena ane blajar Bhs arab dr nol bgt ampe bisa ama dya gan.. mana dya selalu men support ane trus gan.. pokonya hidup ustad thoyyib deh..

Dafodils
-Speaking
Dafodils terkenal jg dengan kebolehan Speaking nyaa gannn..Jd masuk salah satu rekomendasi kalo mau ngambil speaking gan..Program nya sebulan dgn rate harga 150 rb an gannn….Ga ada DORM/CAMP nya gann

Sunsea
Ane pernah di Sunsea jg gan
Tersedia :
-Grammar
-Speaking
-Pronounciation
penjelasan ga jauh beda gann…..Rate harga pun juga demikian,, ada DORM nya jg gann)

Oxford
-Grammar
-Speaking
-Pronounciation
penjelasan ga jauh beda gann…..Rate harga pun juga demikian

Mahesa Institute

Tersedia :
-Grammar
-Speaking
-Pronounciation
penjelasan ga jauh beda gann…Di mahesa ada jg program per 3 bulanan gann
Dan mahesa jg yg mengajarkan tukang2 becak di sekitar ttg bahasa inggris..
jd tukang2 becak yg ngajarin mahesa gann..cuma bukan berniat menjelek jelekan gann.. Mendingan agan jgn ngambil mahesa gan.. kelamaan dan bertele tele pengajarannya..Kalo agan ,asih di pare.. ane udah di london gan, di inggrisnya asli.. ga di kampungnya
Dan masih banyak lainnya lg gan…

KALO AGAN MAU BLAJAR BHS ARAB
di pare eksis jg gan yg blajar bhs arab
ane jg menuntut ilmu bhs arab di pare gann… maklumlahh ane kan pengen kuliah dii Qatar gan.. padahal latar belakang ane bukan pesantren gan.. dan ane mau ngambil jurusan perminyakan di arab gan.. jd ane blajar bhs arab deh.. alhamdulillah skrg ane bisa dikit2 biar ga lancar2 amat… kan ngerti dan tau cara make kamus arab gan..soalnya susah gan make kamus arab
ada pun nama2 kursusan yg nyediain bhs arab adalah :
-OCEAN (tempat ane gann.. karena plg bagus kalo buat speakingnya gan.. nama ustadnya ust.Toyib gan… yahhh rumahnya di pasuruan gann jd yda jarang pulang ke bini nyaa.. udah kaya lagu dah heheheeee…. rate harga 80-130 rb an gan.. ada grammar arabnya jg gan.. pkoknya rekomendasi bgt gan disini.. cuma sering udah kepenuhan kalo mau daftar disini gann… ane dulu disini ampe 5 bln gann.. ampe bosen tuh ustad ama ane gann.. tp gpp thx kyu ustad toyib.. udah ngajarin ane…
-Kanzulughah
-La tansa
-Amsilati
Rate harga pun juga demikian,, ada DORM nya jg gann
malah ada pondok darul falah (PDF) camp arabic plg murah se pare gann… cuma 60-80 rb/bln
Kalo mau bhs yg laen jg ada gan, kayak jepang mandarin dll
cuma ane ga tau bgt gan..

Source : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8072925

Tambahan 4

Pare is little Village in Kediri East Java.
Pare also famous with English Village, because in Pare, we can find many English course with most cheap cost.

More Real Information :
1. If you wan to fluent in english speaking.. you must stay in English area Camp and take the speaking program
2. If you want to fluent in english grammar and get a high score of Toefl… you can take the Grammar program, and Translation & Writing program.. andthen you can take a Toefl program.

Advise :
1. you must be diligent… because… if you aren’t diligent.. you will not be fluent in English
2. try to always use english anywhere, anytime and with anyone..

List recomended English Course in Pare

Special for Grammar :
1. Kresna
2. Smart
3. Elfast
4. Mahesa (I’m studying here)
5. Oxford

Special for Speaking :

1. Daffodile
2. Webster
3. Marvelous (American Style)

Combine Course (Grammar and Speaking)
1. Mahesa
2. Global e
3. Access

another Language Course
Arabic Language :
1. Busayyid
2. Kanzul Lughah
3. Ocean

Japan Language :
1. Sakura
2. WTC

Mandarin Language :
1. WTC

it’s the most recomended English course in Pare

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3278508

About these ads
Kategori:education
  1. Eguh
    Oktober 5, 2011 pukul 10:46 am

    Tmpat penyewaan komik, dbgyan mana gan ?

  2. Fachril
    Oktober 20, 2011 pukul 9:58 pm

    ada 1 kursusan yang TOP bgt, namae THE GRAVITY ILC adiknya SMART ILC, spesialis Grammar, TOEFL, writing, di bimbing oleh teacher yang handal, Lulusan S2. tersedia juga Camp TOEFL, satu2 nya camp TOEFL yang pernah aku temui di kampung Inggris. sudah banyak lulusan The Gravity yang mendapatkan score TOEFL tinggi..
    walau THE GRAVITY tergolong baru dan terletak di barat Smart ILC tapi kwalitas sangat memuaskan.
    jangan mudah percaya dengan orang bilang baik, carilah kursus yang benar2 kompeten di bidangnya dan di didik oleh teacher yang benar2 TOP, berpendidikan, bukan hanya teacher yang lulusna SMA dan karbitan, belajar sebentar trus jadi teacher, karena aku berkali2 tertipu sama tempat bagus, brosur bagus, tapi ternyata kwalitas NOL, teacher usia belasan dan hanya lulusan SMA..
    berhati2 aja kalo datang ke pare, tanyakan lebih lanjut tentang kwalitas teacher sebelum mendaftar. OK, good luck, semoga berhasil.

    • maniax english
      Maret 21, 2012 pukul 8:12 am

      KALO ANDA BISA MENGATAKAN SEPERTI ITU, BAGAIMANA SAYA BISA PERCAYA KALAU ANDA BERKATE BENAR, KAN ANDA BILANG JANGAN PERCAYA DENGAN BIMBEL YANG LAIN….????

    • Mei 17, 2012 pukul 12:24 am

      boleh nanya gk, program speaking dan pronunciation yang bagus dmn yach

  3. khidir
    Maret 8, 2012 pukul 9:39 am

    menarik betulll… jadi ga sabar mo ke pare,,,,,,,,,,,,,,
    pengen cas cis cus inggris arab,,,

  4. fadloli
    Maret 12, 2012 pukul 6:49 am

    thanks bgt gan, nuwun

  5. April 5, 2012 pukul 10:08 am

    uwaappppiiikkkk iki programeee

  6. Khotimah
    Juli 8, 2012 pukul 3:21 pm

    thanks for d’information… jadi nambah penasaran pingin kesana….. tp syg lum pny waktu

  7. Agustus 3, 2012 pukul 4:20 pm

    haduhhh…………
    bagus sekali ini…
    terimakasihh infoonya yahh……..
    tapi aku sedikit bingung nihh
    akuu pngen ambil yg grammar.speaking pronounciation yang wktu.a lmyan singkat seh..
    tapi kok di kresna 6 bulan
    puchh lama ituu…
    gimana yahh?
    gann pnya saran gak but aku ambil kursusan dmna?
    makasihh

  8. faiz
    Oktober 8, 2012 pukul 6:46 pm

    bahasa korea ada g’ gan,,,,,,

  9. Desember 25, 2012 pukul 1:45 pm

    Its like you read my mind! You seem to know a lot approximately this, like you wrote the book in it or something.
    I feel that you can do with a few percent to pressure the message house a bit,
    but instead of that, that is magnificent blog. A fantastic read.
    I’ll certainly be back.

  10. Februari 10, 2013 pukul 7:31 pm

    sista…
    tdikan yg dia atas biaya untuk thn 2007 klo biaya untuk 2013 skrg bsa dtmpilin gak..????
    apa ,,,mmang sma ajaa…..???

  11. April 2, 2013 pukul 11:36 am

    I think this is one of the most vital info for me. And i am glad reading your article.
    But should remark on few general things, The website style is
    great, the articles is really nice : D. Good job, cheers

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 57 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: