Alasan memeluk agama Islam

Lima Point kenapa harus memeluk Al-Islam

  • Al-Islam adalah agama Allah

Al-Islam adalah merupakan agama yang diturunkan langsung oleh Allah dan satu-satunya agama yang dijanjikan oleh Allah sebagai agama keselamatan. Ajaran dalam Islam tidak dibuat semata-mata oleh manusia tapi dibuat oleh Allah Azza wa Jalla sehingga tidak ada cacat sedikitpun dalam Al-Islam. Semua urusan mulai dari kita bangun tidur hingga kita tertidur kembali semua Islam atur dan tidak ada celah yang luput sama sekali dalam islam.

  • Rohmatan Lil’alamin (Rahmat bagi seluruh Alam)

Dalam islam kekerasan sangat dihindari bahkan adalah cara paling terakhir yang dapat dilakukan jika semua jalan damai menemui kebuntuan. Dalam penyebarannya pun islam menggunakan jalan damai tanpa adanya kekerasan, setidaknya itu yang dilakukan para waliyullah yang menyebarkan Islam di Indonesia. Mereka menggunakan pendekatan secara kebudayaan sehingga akhirnya dapat diterima, dipeluk dan menjadi agama mayoritas walaupun datangnya paling terakhir di Indonesia. Bukan hanya itu, Islam juga merupakan rahmat bagi alam artinya tidak hanya manusia semata yang merasakan kelembutan dan keakraban Islam, tapi juga bangsa binatang, tumbuhan dan semua makhluk yang ada dialam ini merasakan kelembutan dari para pemeluknya.

Islam mengajarkan tentang bagaimana bersikap dengan alam, binatang, tumbuhan dan sesama manusia. Bahkan dalam islam kita dilarang kencing ke lubang yang ada dalam tanah, ini adalah suatu penghormatan islam akan kehidupan yang mungkin ada dilubang itu. Islam mengajarkan kita untuk bersikap bijak terhadap alam karena dari alamlah rizki manusia berasal. Maka dari itulah islam menyebut dirinya Rohmatan Lil’alamin (rahmat bagi seluruh alam) karena memang mengajar kepada para pemeluknya tentang sikap santun terhadap alam.

  • Semua yang kita kerjakan adalah ibadah

Inilah nilai lebih dari Al-Islam, semua yang kita kerjakan bahkan tidurpun adalah ibadah dalam islam. Sungguh suatu nilai lebih yang bukan sekedar promosi belaka, tapi ini belaku kepada siapapun baik ia mualaf (baru memeluk islam) ataupun yang sudah menjadi mukalaf (orang yang sudah baligh), dan kapanpun hingga dunia ini hancur. Bukan hanya itu, diantara agama lain hanya islamlah yang mempunyai ibadah pokok yang jumlahnya paling banyak yaitu sholat lima waktu tujuh belas rokaat.

Bila kita ingin membuat perumpamaan, sholat itu ibarat kita mandi, yang dibersihkan tidak tanggung-tanggung lagi bukan kotoran, atau kuman tapi dosa yang dibersihkan. Bila seseorang itu mandi sehari lima kali sehari, kira-kira bersih tidak? Pastilah bersih dibanding dengan mandi sehari sekali ataupun tiga hari sekali atau malah seminggu sekali mungkin juga sebulan sekali. Ini masih baru mandi wajib, belum lagi mandi-mandi sunnah yang jumlahnya bisa sampai lima atau bahkan sepuluh kali sehari. Masih mau pilih yang lain???

  • Agama sosial

Islam adalah agama yang mengajarkan pemeluknya bagaimana menata hidup dan kehidupannya. termasuk tata cara bersosialisasi. Islam sangat menghargai perbedaan bahkan islam sangat menghormati pemeluk agama lain. Ini dibuktikan dengan sabda Rasulullah “Barang siapa menyakiti orang kafir yang hendak hidup damai bersama orang-orang muslim maka ia menyakitiku”(Kurang lebih demikian hadistnya). Ini adalah nilai yang sangat tinggi yang dijunjung islam dalam sosialisasinya bahkan penghormatan yang tertinggi diberikan kepada siapa yang ingin berdamai dan bersosialisasi dengan para pemeluknya.

Memang benar dalam Islam ada jihad, tapi itu semata-mata adalah bentuk pengabdian dan pengorbanan demi mempertahankan apa yang menjadi hak kita. Islam sangat menghargai hak milik dan melindunginya secara penuh, dan jihad adalah salah satu cara untuk melindungi apa yang kita miliki dan apa yang kita punyai. Sehingga tidak dibenarkan dalam islam jihad dalam memerangi orang-orang yang hendak hidup damai, suatu salah besar jika mengatasnamakan jihad untuk sebuah teror yang meresahkan manusia yang tadinya hidup damai.

Namun adakalanya juga ummat islam ditekan, dan terus menerus ditekan sehingga jihad adalah merupakan satu-satunya jalan untuk menegakkan kembali sendi-sendi islam tersebut. Bukan untuk tujuan menebar teror ataupun menjajah tapi lebih kepada mengembalikan hak-hak yang dirampas, menegakkan kembali panji islam dan memberantas penindasan atas warga muslim. Tidak ada dalam tatanan hukum islam bahwa Al-Islam harus menebarkan teror, membuat keresahan dan menghilangkan perdamaian. Kami hidup berdasarkan prinsip lebah, memakan dari yang baik, menebarkan kebaikan dan memberi manfaat bagi seluruh alam. Tapi jangan pernah mengusik lebah, karena ia tidak akan mengusik anda. Namun bila lebah diusik maka mereka akan mati-mati dan dengan segenap nyawa dan tenaga akan melawan hingga kedamaian itu kembali tercipta.

  • Agama keselamatan

Islam merupakan agama keselamatan yang tiap pemeluknya dijamin akan selamat baik didunia terlebih lagi diakherat dengan syarat menjalankan islam secara menyeluruh dan bersungguh-sungguh. Islam menjamin setiap pemeluknya masuk syurga bila dalam diri seseorang itu tidak menduakan Allah. Karena itu adalah dosa terbesar yang tiada dapat tertebus kecuali dengan taubatan nashuha yaitu tobat dengan seluruh jiwa dan raga yang berarti tidak akan mendekati dan melakukan hal yang demikian lagi.

Tapi mungkinkah tidak ada pemeluk islam yang masuk neraka?

Karena nereka itu ibarat bak pencucian yang teramat sangat besar dan kitalah manusia yang akan dicuci dan dibersihkan untuk nantinya dimasukkan kesyurga. Karena sekecil apapun itu, yang namanya iman itu adalah cahaya yang bersinar dari dalam Qolbu atau hati. Jadi ia akan tetap bersinar walau dalam hati itu keruh dan kotor, dan hanya nerekalah tempat pembersihan yang terakhir agar cahaya itu menjadi murni tanpa kegelapan dan noda yang meredupkan sinarnya.

Kenapa pembersihan terakhir?

Karena selama kita masih menghirup nafas, jantung masih berdetak dan darah masih mengalir maka kesempatan untuk melakukan pembersihan hati terbuka lebar, hingga nafas berada diujung kerongkongan. Didunialah pembersihan yang pertama dan utama, dan seburuk-buruk tempat adalah nereka walau itu ditingkat paling atas. Jadi jika melaksanakan ajaran islam secara sungguh-sungguh dan istiqomah (berkelanjutan) maka insyaAllah keselamatan akan selalu bersama kita.

Allahumma Salamatan Fiddin, Wa ‘afiatan fil jasad, Wa Ziadatan fil ‘ilmi, Wa barokatan firrizki, Wataubatan Qoblal maut, Warohmatan indal maut, Wamaghfirotan ba’dal maut begitulah do’a setiap muslin agar ia selalu dalam keselamatan, mendapatkan keberkahan dalam hidup dan kematian yang khusnul khotimah.

Demikianlah lima point kenapa harus memeluk Al-Islam??? dan hanya sebagian point dari sekian banyak keutamaan-keutamaan dalam Al-Islam

Semoga dapat memberi gambaran dan dapat menguatkan keimanan kita sekalian.

Segala kebaikan itu dari Allah semata datangnya dan segala kekhilafan dan kesalahan itu karena saya dan karena ilmu saya yang memang kurang.

Allahu’alam Bishshowaf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s