Pusat Toko Komputer dan Elektronik di Bandung

Hari ini saya sempat jalan-jalan di beberapa tempat penjualan komputer di Bandung. Sambil belanja peralatan komputer, menservis, dan urusan kerjaan lain, saya sempatkan mengamati dan ngobrol dengan beberapa orang yang ada di lokasi. Informasinya mungkin salah, tidak akurat, atau sangat subyektif. Jadi, jangan percaya begitu saja.

Ini adalah beberapa tempat pusat belanja IT yang pernah saya datangi.

Bandung Electronic Center (BEC) di jalan Purnawarman. Tempat ini sudah berdiri lebih dari 5 tahun. Dalam beberapa tahun terakhir BEC menjadi pasar terbesar, terlengkap, terupdate, dan termurah. Setidaknya di toko Patron yang menjadi langganan saya. [promosi dikit he he ..]

Selain komputer dan aksesori, yang terkenal di BEC adalah produk handphone. Lagi-lagi, toko-toko gadget di BEC termasuk pasar terbesar, terlengkap, terupdate, dan termurah. Urusan alat selular ini, makin heboh menjelang lebaran atau akhir tahun. Saya pernah, perlu mencari baterai Nokia atau Nu kieu (basa Sunda, berarti “yang beginian”) *kebetulan* seminggu sebelum lebaran. Suasananya terrasa *sumpek* sekali seperti pasar sayur di pagi hari yang panas pengap. Syukurlah, anda tidak tiap hari belanja peralatan komputer menjelang libur kan?

Pilihan produk elektronik lain (televisi, radio, kulkas, dsb) yang tersedia terlalu sedikit dan agak berdebu. Sepertinya kurang laku. Padahal nama BEC, harusnya, menyediakan produk elektronik. Seorang teman berpendapat bahwa orang lebih tertarik belanja elektronik di ABC (toko-toko di jalan ABC).

Jaya Plaza, di jalan Ahmad Yani, di depan segitiga kosambi. Sebelum BEC, dulu plaza ini sempat menjadi pusat jajanan komputer paling populer. Kemudian berguguran, dan kemudian bahkan nyaris tutup. Sekarang kios-kios komputer itu hidup kembali. Sebagian besar mengandalkan servis (perbaikan) dan penjualan komputer kelas dua atau komputer bekas.

Sekilas suasana agak berantakan. Tata letak kios kurang teratur, agak membingungkan, dan kurang bersih. Ada tumpukan sampah di beberapa pojok. Banyak barang dagangan atau barang servis yang tumpah di gang sehingga tampak penuh. Pegawai beberapa toko tampak berseliweran.

Meski demikian, sepertinya variasi barang lumayan lengkap. Saya kurang yakin bisa menemukan produk terbaru di Plaza Ahmad Yani, tapi mungkin bisa dicoba.

Di lantai satu kita bisa menemukan banyak toko menjual produk elektronik dan spare part. Bila anda penggemar atau hacker elektronika di sini tempat jajan yang tepat. Di lantai satu juga ada toko keping CD/DVD kosong dan urusan seputarnya. Harganya sangat murah. Dan juga ada toko variasi mobil. :)

Di lantai dua terdapat toko-toko menjual produk komputer dan aksesori.

Ah, saya lupa menengok lantai tiga. Dulu di sana ada bioskop, tapi sudah lama tutup. Dulu juga ada beberapa toko komputer. Mungkin masih ada.

Konon, karena keberhasilan Jaya Plaza ini, maka dibangunlah “segitiga kosambi” di depannya. Di sini juga ada toko yang menjual komputer dan kelengkapannya. Hanya beberapa toko yang benar-benar buka. Saya jarang lewat jalan Ahmad Yani dan Kosambi. Hmmm .. taksiran kasar saya, hanya sekitar 60% yang aktif.

Terakhir, plaza Kandaga (waduh, lupa bagaimana ejaannya). Lokasinya masih di jalan Ahmad Yani di daerah atas. Orang Bandung lebih terbiasa menyebut “atas-bawah” daripada “utara-selatan”. Daerah utara Bandung letaknya lebih tinggi dari selatan, maka yang dimaksud daerah atas adalah dearah utara.

Di sini, ada banyak toko-toko komputer seken (second, bekas). Lengkap dengan sparepart yang bekas juga. Jika anda biasa bongkar komputer, maka anda tentu tahu bahwa sebenarnya komponen bekas tidak selalu berkualitas rendah.

Persoalan kompatibilitas komputer x86 ternyata tidak sepenuhnya didukung. Kadang-kadang saya perlu “menghidupkan” kembali komputer lama yang menjalankan program aplikasi user yang berbasis DOS dan dibangun dari Clipper. Menjaga kehidupan “barang tua” ternyata tidak diperhatikan oleh para produsen komputer. Dan, Kandaga memberikan jawaban.

Keunggulan lain. Ternyata beberapa toko di Kandaga memiliki teknisi yang mampu mereparasi harddisk tua. Dengan harga yang murah, tentu saja. :) Bukan maksud nyombong. Kalau sekedar bisa-bisa-an, banyak yang bisa memperbaiki harddisk, tapi tidak ada yang bisa dengan ongkos servis semurah toko di Kandaga.

Keterbaruan teknologi di Kandaga kalah dibanding Jaya Plaza, apalagi BEC. Namun, harga yang mereka tawarkan sangat bersaing. Mencari tempat parkir juga tidak terlalu sulit dibanding BEC. Oya, ongkos parkir juga masih dihitung sekali masuk bukan berdasar waktu.

Mana yang paling baik? Saya tidak dapat menentukan. Semua tempat perbelanjaan memiliki segmen pasar masing-masing. Semua mencoba memenuhi kebutuhan yang berbeda.

Sekali lagi, artikel ini hanya cerita subyektif dari seorang tukang. Informasinya mungkin salah, tidak akurat, dan sangat subyektif. Jangan percaya begitu saja. Selamat menikmati Bandung BERHIBER (Bersih Hijau BERHIBER; balik lagi?).

About these ads

31 pemikiran pada “Pusat Toko Komputer dan Elektronik di Bandung

  1. kalo sya mu ngeredit laptop tempt yg bik saya datangi dmn’y????
    mohon bntunnya….
    kalo ada yg tau tolong kirim lewt email sy ya…
    makasih sebelmnya….

  2. Asslamualaikum Agan klo yang lgi butuh Laptop Core i5 -i3 harga terjangkau / bisa Nego
    Pc / computer juga sedia
    Second / baru ,kami siap melayani anda
    Boleh Call 081287623494 atw pin BB 53B1AAC3

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s