Software gratis untuk Linux

Sekarang ini semakin marak yang namanya aplikasi open source dan freeware. Perangkat lunak atau software gratis ini sudah banyak macamnya. Mulai dari aplikasi word processor, spreadsheet, internet browser, FTP client, e-mail, database dan berbagai macam software lainnya. Sebagai produk gratis program-program tersebut tidaklah mengecewakan, bahkan terkadang kemampuannya setara atau melebihi dari program sejenis yang sifatnya komersial (atau berbayar).
Melalui tulisan ini penulis akan mengajak Anda untuk berkenalan dengan software-software yang gratis yang bisa Anda gunakan dalam berkomputer sehari-hari baik di kantor maupun di rumah. Software-software yang akan dibahas disini berjalan pada platform Windows, walaupun ada beberapa program yang sifatnya multi-platform (bisa dijalankan pada beberapa operating system sekaligus).

1.1 Aplikasi perkantoran
Sebelumnya pasti sudah sangat mengenal Microsoft Office sebagai suatu solusi aplikasi untuk perkantoran. Apa ada software perkantoran yang gratis? Ada. Namanya OpenOffice.org. Anda bisa melihat dan mendownload-nya melalui situs www.openoffice.org. Produk ini merupakan suatu gabungan dari beberapa aplikasi yang membentuk “suite” dan kompatibel dengan berbagai macam dokumen yang sudah ada sebelumnya. Sampai tulisan ini diturunkan ada 6 (enam) aplikasi yang ada pada OpenOffice.org yaitu:

WRITER, suatu aplikasi pengolah kata yang berfungsi mirip seperti MS Word. Sangat bagus untuk membuat surat, newsletter atau pekerjaan lain yang sebelumnya bisa dilakukan dengan MS Word.
CALC, suatu aplikasi spreadsheet yang canggih yang bisa Anda gunakan untuk kebutuhan kalkulasi data Anda atau juga analisa data. CALC ini juga dilengkapi dengan fasilitas chart (grafik) dalam format 2D atau 3D. Ini bisa digunakan untuk menggantikan fungsi MS Excel yang sudah Anda gunakan saat ini.
IMPRESS, suatu aplikasi yang digunakan untuk membuat presentasi multimedia seperti halnya pada MS PowerPoint. IMPRESS bisa melakukan berbagai macam efek spesial untuk dokumen presentasi Anda.
DRAW, suatu aplikasi untuk menggambar, mulai dari diagram atau dalam format 3D dan juga dilengkapi dengan efek spesial yang menarik.

Untuk mendownloadnya silakan Anda menuju ke http://download.openoffice.org/index.html
2.1 Aplikasi internet
2.1.1 Web browser
Untuk kategori web browser gratis dan bagus sampai tulisan ini diturunkan masih dipegang oleh Mozilla Firefox. Anda bisa melihat dan mendownloadnya melaluihttp://www.mozilla.org/products/firefox/. Web browser ini jauh lebih aman dibandingkan MS Internet Explorer dan memiliki fitur-fitur yang sangat diperlukan untuk surfing di internet dengan aman seperti pop-up blocker dan juga bisa mengimpor semua data favorite Anda yang sebelumnya ada di MS Internet Explorer. Fitur yang juga menarik disini adalah kemampuan tabbed browser, dimana Anda tidak perlu membuka window baru untuk melakukan browsing tetapi cukup hanya membuka suatu tab baru dengan cara menekan Ctrl+T. Mozilla Firefox ini juga sudah dilengkapi dengan download manager yang sederhana

2.1.2 FTP client
Untuk solusi FTP client ada beberapa program gratis yang penulis rekomendasikan. Pertama bernama SmartFTP, bisa Anda download melalui www.smartftp.com. Program ini sangat bagus baik dari sisi fitur maupun user interface-nya. Dengan tampilan yang sangat professional maka Anda mungkin tidak mengira bahwa SmartFTP adalah program yang gratis. Program FTP client lain yang penulis rekomendasikan adalah DeluxeFTP yang bisa Anda download melalui www.deluxeftp.com. DeluxeFTP juga menawarkan fitur yang standard dan juga user interface yang terlihat professional.

2.1.3 E-mail
Untuk solusi e-mail ada beberapa alternatif yang menarik. Penulis sendiri sampai detik ini menggunakan Qualcomm Eudora (www.eudora.com) sebagai e-mail client. Eudora ini sifatnya Adware jadi Anda bisa gunakan dengan gratis dan sebagai gantinya pada Eudora ada bagian program yang ditempati oleh iklan dalam bentuk gambar. Solusi lain untuk aplikasi e-mail client adalah dengan menggunakan Mozilla Thunderbird (http://www.mozilla.org/products/thunderbird/). Program ini gratis dan merupakan salah satu produk juga dari The Mozilla Foundation yang juga memproduksi Mozilla Firefox (web browser yang sudah kita bicarakan sebelumnya).

2.1.4 Database
Pada dunia server database kita sudah mengenal dengan baik misalnya seperti Oracle, MS SQL Server atau IBM DB2. Apa ada yang gratis? Ada, pertama namanya MySQL. MySQL ini bisa Anda gunakan untuk server database berbagai keperluan. Saat ini MySQL paling banyak digunakan sebagai solusi database untuk aplikasi web. Anda bisa men-download MySQL dari situsnya di www.mysql.com. Sampai tulisan ini diturunkan MySQL versi stable berada pada versi 4.1.9. Selain untuk aplikasi web, MySQL bisa juga digunakan untuk aplikasi desktop. Jika Anda programmer MS Visual Basic atau Borland Delphi, maka Anda bisa menyimpan database Anda ke MySQL dengan melalui interface ADO atau ODBC.

Jika Anda ingin menggunakan server database yang benar-benar RDBMS dan benar-benar gratis maka jawabannya adalah Firebird. Firebird bisa Anda download melalui situsnya diwww.firebirdsql.org. Firebird menawarkan solusi true RDBMS (Relational Database Management System) dan bisa digunakan untuk menggantikan operasional database yang sebelumnya menggunakan Oracle atau MS SQL Server. Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Firebird sudah setara dengan RDBMS lain seperti stored procedure, trigger, view, replication, udf, security dan bahkan mendukung fasilitas event sebagai sarana notifikasi terhadap perubahan data yang terjadi.

2.1.5 Web server
Untuk solusi web server yang gratis ada program yang namanya Apache Web Server. Anda bisa men-download-nya melalui http://httpd.apache.org/. Sampai tulisan ini diturunkan Apache Web Server sudah pada versi 2.0.52 dan 1.3.33. Apache ini biasanya digunakan bersama-sama dengan web scripting language yang bernama PHP.

2.1.6 Web scripting language
Jika Anda sudah pernah mengenal ASP sebagai web scripting language pada lingkungan Windows, maka untuk solusi gratisnya ada yang namanya PHP. PHP sebagai web scripting language bisa Anda gunakan untuk membuat aplikasi web yang dinamis, sama seperti ASP juga. PHP ini bisa Anda download di www.php.net dan sampai tulisan ini diturunkan sudah pada versi stabil 4.3.10.

2.1.7 Chat
Bagi Anda yang suka chatting maka ada banyak sekali pilihan program gratis yang bisa Anda gunakan. Saat ini yang paling populer misalnya Yahoo! Messenger dan MSN, Anda bisa download di http://im.yahoo.com/ dan http://messenger.msn.com/. Selain itu ada juga program chat lain yang lumayan populer dan gratis, namanya adalah Gaim. Anda bisa download melalui http://gaim.sourceforge.net/. Gaim ini unik karena dengan satu interface Anda bisa terhubung ke account Yahoo! Messenger, MSN, ICQ dan IRC Anda. Ini sangat cocok untuk menghemat memori pada komputer Anda dan lebih praktis digunakan jika Anda ingin memanfaatkan semua jalur chatting tadi.

2.1.8 Multimedia
Jika Anda ingin mendengarkan musik, mendengarkan video atau mengakses streaming media maka sudah ada solusinya yang gratis. Anda bisa menggunakan program yang bernama Winamp. Penulis yakin bahwa hampir di semua komputer yang mendukung multimedia pasti ada Winamp yang terinstall di dalamnya. Dengan Winamp Anda bisa mendengarkan musik MP3 kesayangan Anda. Anda juga bisa menonton video dengan Winamp. Sampai tulisan ini diturunkan Winamp sudah mencapai versi 5.0.8. Bagi Anda pecinta siaran radio online dari internet juga bisa memanfaatkan Winamp ini untuk mendengarkan radio streaming. Anda bisa men-download Winamp melaluiwww.winamp.com.

2.1.9 Menggambar & melukis
Untuk solusi menggambar atau melukis ada program gratis yang namanya GIMP. Anda bisa men-download-nya di http://www.gimp.org/windows/. GIMP ini layaknya seperti aplikasi Adobe Photoshop yang sebelumnya sudah Anda kenal. GIMP bisa melakukan manipulasi file-file gambar plus juga memberi efek bagi gambar-gambar tersebut. Banyak pengguna GIMP saat ini menggunakannya sebagai tool untuk photo editing dengan diberi efek-efek yang tidak kalah menarik dibandingkan Adobe Photoshop. Sampai tulisan ini diturunkan GIMP sudah sampai pada versi 2.2.3.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s