Langkah-langkah Menginstal WordPress Offline

instal WordPress Offline

hallo smua…

ini postingan saya lagi,tapi yang berhubungan dengan materi kita tentang WordPress. pasti udah pada tahu donk apa aja keunggulan wordpress?

selain SEO Friendly dan easy to use dan mendukung banyak fitur canggih,wordpress bisa di gunakan tanpa biaya. scriptnya GRATIS,bisa jalankan dengan domain dan hosting GRATIS,ditambah plugins dan themes yang banyak banget beramburan di Internet dengan biaya Rp.0 alias GRATIS.

tinggal modal dengkul kan tu? tapi itu juga masih boros! kita malah bisa ngoprek wordpress cuma dengan modal “iler”! he2009x. it means anda tidak perlu bayar koneksi internet. jeng…jing…jeng…

here we go : ….

1. download program yang namanya AppServ. yang bisa di dowload secara cuma-cuma. dihttp://www.appservnetwork.com/.

2.jalankan file .EXE yang tadi kita download. tapi jangan ditinggal y proses instalasinya! soalnya ntu program bakal butuh bantuan kita untuk ngisi kolom server name (isi aja local host),admin e-mail (ngasal aja),pasword root dan konfirmasinya (tergantung selera yang ngisi). tapi kalo sekedar kedapur untuk bikin teh sempet lah…😛

3. buka browser,trus di address bar diisi dengan http://localhost. kalo prosesnya berjalan seperti seharusnya akan timbul gambar kayak gini :instal AppServ

sama kan yang timbul disini dengan yang timbul di web broser anda? OK,klo gitu kita sukses untuk langkah pertama.

next :

1. nyiapin data base…. saya kurang suka bagian yang ini,karna kedepannya kita akan pake fantastico. jadi gak perlu beginian! back to topick,silahkan masukan http://localhost/PhpMyAdmin di address bar kita.

tampilannya kayak gini bukan?
instal wordpress offline
sama kan? sip dah… bererti lanjut. di bawah tulisan creat Data base itu silahkan di masukan nama data base yang kita inginkan and then klick “creat” buton. simple kan?

kalo bisa bilang simple di step ini,berarti kita hebat. soalnya bagian terakhirnya jauh lebih gampang lagi. tinggal download script wordpres terbaru di http://wordpress.org/latest.zip. kalo udah dapet silahkan di extract di (kita asumsikan tadi nginstal AppServ nya di C://) C://AppServ/www. sehingga kita akan dapat directory C://AppServ/www/wordpress.

kalo udah buka broser lagi,ketik http://localhost/wordpress di address bar nya. udah? disuruh nginstal wordpressnya y? ya sud sok atuh di instal. ntar akan ada form yang perlu di-isi. biarkan aja default kecuali kolom pasword. itu diisi dengan pasword yang kita isi pas instalasi AppServ. gampang banget kan? yups,kayaknya Blog WordPress emang dibikin untuk memanjakan penggunanya deh… salut deh sama developernya. insyaAllah besok2 kita akan bahas apa aja kerjaannya para web developer itu yang bisa kita manfaatkan untuk mempercanggih Blog WordPress kita.

kelebihan dan kelemahan jika dibandingkan dengan layanan online di WordPress.com.

  1. Banyak orang bingung adalah antara WordPress.org dan WordPress.com, kita akan mengupas beberapa hal tentang perbedaannya. Pada dasarnyaWordPress adalah perangkat lunak blog yang open source.

wordpress

WordPress.com dikelola oleh beberapa orang yang sama yang bekerja di WordPress, WordPress.com yang hosting dan pengelolaannya diambil dari perawatan oleh tim WordPress secara Automattic. Dengan sistem yang sama di WordPress.com anda juga dapat memiliki perangkat lunak WordPress yang dapat anda download di WordPress.org, anda harus menginstal perangkat lunak WordPress.org pada server Anda sendiri atau dengan pihak ke-3 (penyedia provider).  Berikut lebih detail dari keduanya…

WordPress.com

Dengan WordPress.com, anda tidak perlu men-download perangkat lunak, atau membayar untuk mengelola hosting web server. Ketika Anda mendaftar untuk WordPress.com blog, Anda akan mendapatkan URL seperti “adipamuji.wordpress.com” Anda tidak mengontrol perangkat lunak atau database; shell akses FTP dan tidak disertakan. WordPress.com berbasis multi-user versi dari software yang tidak mengizinkan upload PHP tema atau plugin (walaupun banyak plugin populer dibangun menjadi WordPress.com) Tanpa biaya, WordPress.com menyediakan web hosting, unlimited database penyimpanan dengan redundansi dan backup, upgrade software otomatis, dukungan masyarakat forum, multi-bahasa dan tema administrasi, real-time statistik lalu lintas, pelacakan komentar, posting blog dan peringkat dan fitur-fitur lain tidak tersedia di manapun lain. Fitur-fitur ini akan selalu bebas untuk memulai blog di WordPress.com

  • Kelebihan
  1. Gratis dan lebih mudah untuk setup
  2. Segala perawatan dikelola wordpress.com : setup, upgrade, backup, keamanan, dll
  3. Blog Anda di ratusan server, sehingga sangat tidak mungkin akan turun karena lalu lintas
  4. Posting anda didukung secara otomatis
  5. Anda mendapatkan lalu lintas tambahan dari blog of the day dan tag
  6. Anda dapat menemukan seperti blogger lain menggunakan tag dan teman surfer
  7. Login Anda sudah aman (SSL), sehingga tidak ada seorangpun yang dapat masuk ke account Anda jika Anda menggunakan wifi
  • Kelemahan
  1. Kami menyediakan 70 + tema (dan menambahkan setiap hari) yang dapat Anda modifikasi dan mengedit CSS, namun Anda tidak dapat mengedit tema secara custom theme.
  2. Anda tidak dapat hack kode PHP di belakang blog Anda
  3. Anda tidak bisa memasukkan kode javascript/iklan.

*Jika anda ingin memiliki fitur dan kemampuan lebih dari wordpress.com anda dapat melakukan upgrade dengan cara berbayar.

WordPress.org

WordPress.org adalah perangkat lunak blog yang gratis dan bebas.  Dengan WordPress.org, Anda dapat menginstal tema dan plugin, jalankan iklan, mengedit data dan bahkan mengubah kode sumber PHP. WordPress.org adalah website rumah dari software wordpress gratis. Siapapun dapat mendownload software dengan gratis, tetapi harus terpasang pada web server sebelum blog anda online. Web server biasanya tidak gratis, Hosting sendiri . Software WordPress dapat menyenangkan dan bermanfaat, tapi juga tempat-tempat yang penuh tanggung jawab pada blogger. Jika Anda salah memlilih hosting server Web Anda, Anda dapat kehilangan seluruh isi blog !!!

  • Kelebihan
  1. Kemampuan untuk meng-upload tema
  2. Kemampuan untuk meng-upload plugin
  3. Banyak komunitas
  4. Dilengkapi kontrol untuk mengubah kode jika mengerti secara teknis
  • Kelemahan
  1. Membutuhkan webhosting yang baik, yang biasanya biaya $ 7-12 per bulan, atau ribuan dolar per bulan untuk tingkat lalu lintas situs
  2. Memerlukan lebih banyak pengetahuan teknis untuk membuat dan menjalankan
  3. Anda bertanggung jawab untuk menghentikan spam
  4. Anda harus menangani backup
  5. Anda harus meng-upgrade perangkat lunak secara manual ketika versi baru keluar (dengan WordPress 2,7 + ada sekarang yang secara otomatis memperbarui mechansim)
  6. Jika Anda mendapatkan banyak lalu lintas di spike (seperti Digg atau Slashdot) situs Anda akan mungkin turun kecuali jika Anda memiliki yang  hosting setup kuat.

ada komentar???

berbagi di bawah yah.. di tunggu loch…

3 pemikiran pada “Langkah-langkah Menginstal WordPress Offline

  1. Ping balik: metroitt | technoitt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s