Menang Pesonaedu challenge & partnership 2010 (part 1)

Entah darimana mulainya.pokoknya saya mau cerita pengalamanku hari ini.

Pada suatu hari sebelum uts,saya lihat brosur di depan sebuah lab,lalu ada juga di mading  kampus tentang lomba pesona edu. Di brosur itu Cuma ada lomba animasi dan programming.Nah iseng iseng saya buka web nya.ternyata ada berbagai lomba,yaitu lomba mengajar,menulis script,animasi dan programming.awalnya saya tidak begitu tertarik.tapi lihat hadiahnya saya tergiur juga.mengingat saya pengin banget beli kamera.bapak dan ibu saya juga tahu.saya tahu mereka punya uang untuk beliin saya kamera,tapi saya jujur tidak enak memintanya.saya teringat sebuah kata2 di televisi yg intinya gini,”saya kan sudah berumur 17 tahun lebih,harus mandiri,tidak menyusahkan orang tua lagi”.ucap salah seorang actor kepada lawan mainnya.Ya walaupun tidak sepenuhnya saya bisa,tapi saya sadar,saya memang sudah bukan anak2 yang harus selalu dipenuhi kemauannya.

Ok,back to topic, akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti lomba menulis script.banyak alasan saya memilih lomba ini.diantaranya memang lomba ini mempunyai hadiah paling besar diantara lomba lain yaitu juara 1 dapet 20 juta(*tambahan 15 juta lagi jika excellent),juara 2 dapet 15 juta dan juara 3 dapet 10 juta. Pada saat itu saya masih ogah2an karena saya benar2 sibuk sekali setelah uts ada yang namanya tubes alstrukdat.saat itu waktu deadline tinggal seminggu,karena uts berakhir tanggal 2 nov,dan lombanya deadline pada tanggal 10 nov.nah itu tubes alstruk ngumpulinnya tanggal 6.di sela sela itu banyak lagi kuis dadakan.

Di sela sela itu saya mencari ide,sambil nanya temen,kira2 punya idea apa.tapi tetep saja ga nemu.nah pas saya mbuka buka gambar di leptop ada gambar tumbuhan gitu kebetulan mbuka nya lewat windows viewer,nah gambar tumbuhannya itu seperti bergerak dari kecil ke besar.dari itulah saya punya ide untuk membuat sesuatu.

Akan tetapi ada lagi banyak cobaan dan kendala,nilai UTS SAYA HANCUR SEMUA. pas saya tau itu.sumpah saya lemas.ini adalah nilai terhancur selama saya udah setahun kuliah di IT Telkom.

Saya hampir menangis.teman2 saya mendapat nilai yang bagus.frustasi,stress,sedih dan lain lain semuanya bercampur aduk dalam hati.saya malu.apa yang saya katakan kepada orang tua saya nanti?

APA?seorang anak yang bodoh .tidak berguna .itu yang saya rasa dan merasa diri telah gagal.tapi saya tetap jujur jika di Tanya orang tua tentang nilai UTS saya dan banyak sekali di nasihati.saya kesal,tapi saya terima dengan lapang .”mungkin kamu kurang belajar.udah intinya itu.”kata bapak saya.

Sedih,sedih,sedih..Tiba tiba Saya teringat kata2 pada sebuah kertas berbunyi. Don’t say”Allah,I have a big problem”but say”The big Allah ,I have problem”.lalu saya mencoba mencari sebuah pencerahan.buka laptop.konek internet dan searching google.saya banyak menemukan artikel penuh makna yang merubah saya .TOTAL. pertama ”di balik sebuah kesedihan,pasti akan ada sebuah kebahagiaan”.kedua “Allah tidak akan menguji hambanya melebihi kemampuan hambanya”.

Cukup itu saja.walaupun saya sudah tau sebelumnya.tapi kata kata itu,seolah tertancap kuat dalam pikiran saya.saya yakini bahwa Allah tidak akn pernah berbohong.karena saya MUSLIM.

Ok,saya akan serius dalam lomba ini.siapa tau dengan kesempatan ini,Allah akan beri suatu  kebahagiaan.Saya hanya bisa berpikir tentang konsep saja dalam sebuah otak,saya corat coret kertas.belum ada sebuah ketikan di leptop saya.sampai tanggal 8 nov saya coba ketik,yah baru cv,judul,tujuan,sasaran.untuk halaman script saya bingung mau mulai dari mana.malamnya saya coba ketik sedikit seadanya.gampang di revisi tar ucapku.besoknya tanggal 9,si rahmat telpon”rid,kau tambahin dikit ya game kita pas gemastik dulu,lalu kirimin buat pesonaedu lewat tiki,kan kalo ngirim sekarang,besok nyampe nya”.”ok”,jawabku.saya tau besok deadline lombanya.oh ya,review sedikit,si rahmat ngajak saya buat ngirim game yg buat gemastik di kirim lagi buat pesona edu dengan sedikit revisi.saya pun tambahin sedikit sampai sore,lalu kirim lewat tiki sorenya.takut tiki tutup,walaupun hujan lebat dan penuh petir,saya tetap jalanin amanah dan tanggung jawab saya.walaupun pas itu juga saya tidak masuk kuliah.It’s OK.

Ok,Back to topic again.saya kerjakan script lagi malemnya sambil revisi yang kemarin,saya tau besok deadline nya.saya juga tahu harusnya ini di kirim lewat tiki sekarang.biar besok nyampe.tapi itu sudah tinggal angan.saya belum selesai juga.Gimana mau selesai cepet,siangnya saya kuliah padet lagi.

Nah rabu 10 nov pun tiba,kuliah masih saya jalankan.walaupun pikiran saya masih di script.sorenya saya tidak membuang waktu karena kapan lagi saya garap! .Dan akhirnya selesai juga.

Malemnya saya kirim ke tiki.Ups pas banget.beberapa menit lagi tiki tutup.setelah itu saya cari

Makan dulu.lalu ke warnet,kebetulan internet kosan mati.kirim softcopy scriptnya ke pesonaedu dan konfirmasi bahwa hardcopy akan sampai pada tanggal 11.untungnya masih boleh.karena softcopynya sudah tepat tgl 10.

Hari berlalu dengan penuh harap,tanggal 14 tepatnya pagi jam 9an,habis tidur buka email. eh,eh,eh ada konfirmasi.saya lolos grandfinal.isi mailnya seperti berikut.

Kepada Yth,

Sdr. M Farid Adi P

Di tempat

Selamat! Anda terpilih sebagai finalis PesonaEdu Challenge & Partnership 2010 dalam kategori Lomba Menulis Skrip Software Pendidikan.

Selanjutnya, mohon diperhatikan ketentuan Grand Final dan hal-hal sebagai berikut:

1.       Sebagai finalis, peserta harus mempresentasikan, menjelaskan hasil karya selama 5 menit dan selanjutnya tanya jawab di hadapan Dewan Juri selama 20 menit.

2.       Presentasi di hadapan Dewan Juri akan diselenggarakan pada:

Hari, tanggal     : Jumat, 19 November 2010 (dimajukan dari rencana semula 27 Nov 2010)

Tempat              : Kementerian Pendidikan Nasional

Gedung D Dirjen Dikti, lantai 2

Jl. Pintu Satu Senayan (samping FX Plaza)

Jakarta

Waktu                 : Registrasi pk. 07.30 – 08.00

Presentasi Karya / Tanya jawab dimulai pk. 08.00

3.       Karya yang dibuat oleh 2 orang diijinkan untuk dipresentasikan bersama.

4.       Peserta diminta memperlihatkan KTP pada waktu registrasi.

5.       Acara pengumuman pemenang dan penyerahan penghargaan akan dilakukan di tempat yang sama pada pk. 15.30 – 17.00, yang akan dihadiri oleh  Menteri Pendidikan Nasional RI*)

6. Pemesanan tiket perjalanan darat dan selama mengikuti acara ini menjadi tanggung jawab peserta,  tetapi biaya perjalanan darat tersebut akan diganti oleh Panitia sebesar Rp 850.000,- (Delapan Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) **) dan akan dibayarkan bila peserta hadir di Jakarta pada waktu dan tempat tersebut di atas.

7. Karya yang dibuat oleh 2 orang, Panitia hanya mengganti biaya transportasi untuk 1 orang saja, seperti tercantum dalam butir 6.

8. Penginapan akan disediakan oleh panitia di Hotel Millenium, Jl.Fachrudin No.3 Jakarta 10250 No.telpon 021-2303636, bila peserta memberikan konfirmasi kepastian kehadiran selambat-lambatnya pada hari Selasa, 16 November 2010 pkl. 16.00 WIB. Bila tidak ada konfirmasi sampai pada waktu tersebut, penginapan menjadi tanggung jawab peserta.

9.       Formulir konfirmasi terlampir, harap di kirim ke Panitia melalui email: lomba@pesonaedu.com atau fax: 021-63864075

Demikian penjelasan kami, atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.

Kami tunggu kehadiran Bapak/Ibu di Grand Final PesonaEdu Challenge & Partnership 2010.

*) Dalam konfirmasi

**) Dasar perkiraan biaya tiket bus atau kereta dan taxi di Jakarta

Salam,

Trixie Anindita

PT. PESONA EDUKASI

Discover The Joy in Learning

Harmoni Plaza Blok F 13 – 14

Jl. Suryopranoto No.2

Jakarta 10130 – Indonesia

Telp       : (021) 638 638 75

Fax         : (021) 638 640 75

E-mail   : trixie@pesonaedu.com

Website: www.PesonaEdu.com

lanjut ke part 2

2 pemikiran pada “Menang Pesonaedu challenge & partnership 2010 (part 1)

  1. Ping balik: Menang Pesonaedu challenge & partnership 2010 (part 2) « Belajar|panduan|tutorial

Tinggalkan Balasan

