Digital Marketing #MarketingToday IMAscITTelkom by Moh. Farid Adi Pamuji

Hai guys.Sudah siap belum nih bwt kultwit mlm ini?sy mau bahas permasalahan digital marketing lohh.. @IMAscITTELKOM #MarketingToday

Buat pemanasan dulu,simak yuk pengertian Digital marketing berikut. #MarketingToday

Digital Marketing ialah marketing  yg menggunakan distribusi digital u/ mencapai konsumer yg relevan, prsonal&cost-effective.#MarketingToday

Banyak prusahaan yg beralasan bhw mreka sdh m’coba online marketing, tp tdk mendapat respon yg bgs.Ada yg tahu penyebabnya? .#MarketingToday

1.kurangnya investasi pada website perusahaan. #MarketingToday

M’cari seorang dsainer b’bakat mgkin mahal tp ktika m’pertimbangkan potensi ROI, hal ini bs m’jadi investasi yg cerdas[1]. #MarketingToday

Pastikan knsumen mlihat  website profesional, yg mngundang mrk tuk mlakukan bisnis dgn Anda. Sudahkah ini anda miliki? [1]. #MarketingToday

2. Konten Website tidak menjual/ tidak terupdate #MarketingToday

Secara teknologi sebuah website seharusnya dapat menampilkan informasi yang lebih daripada sekedar brosur. [2]. #MarketingToday

Jika sedikit informasi yang konsumen dapat, bagaimana konsumen akan percaya dengan produk  anda? [2]. #MarketingToday

3. Website tidak di Optimize #MarketingToday

Beberapa perusahaan sdh m’buat website professional& terus  terupdate, namun sdikit pengunjung yg datang ke website tsb [3]. #MarketingToday

Gunakan Google Analytic u/mnganalisa pngunjung website Anda,Optimize web Anda dgn kata kunci yg mndatangkan bnyk trafik.[3]. #MarketingToday

4. Tidak Mempunyai Strategi Digital Marketing #MarketingToday

Strategi pmasaran online perlu dibwt o/ seseorang dgn pengalaman dlm pmasaran online /pemahaman m’dalam dr budaya online[4]. #MarketingToday

Jika tim Anda tidak memahami budaya online, konsumen online Anda tidak akan  memahami Anda.[4]. #MarketingToday

5. Tim Pemasaran tidak kompeten di bidang Digital Marketing #MarketingToday

 Tim akan sukses dgn staf pngembang web, pemasar,& pncipta konten; mnciptakan campuran kmampuan tknis & pmahaman pmasaran[5]. #MarketingToday

Pemasaran internet berubah dengan cepat dan tim Anda harus gesit dan cukup fleksibel untuk selalu selangkah lebih maju. [5]. #MarketingToday

Nah,bagi yg ketinggalan kultwitna,ni ada kesimpulannya loh…#MarketingToday

Perusahaan dapat membuat sejumlah kesalahan ketika memulai digital marketing. #MarketingToday

Pastikan Anda memahami budaya online dan membangun tim pemasaran yang handal untuk memperpendek kurva belajar .#MarketingToday

artikel asli-

Di Indonesia, digital marketing/online marketing masih dipandang sebelah mata oleh para manajer pemasaran. Ada banyak perusahaan yang beralasan bahwa mereka sudah mencoba online marketing, tetapi tidak mendapatkan respon yang bagus. Menurut saya ada beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan oleh perusahaan dalam menjalankan digital marketing.

1. Tidak berinvestasi di Website Perusahaan/Produk

 

Kesalahan paling umum adalah kurangnya investasi pada website perusahaan. Mencari seorang desainer berbakat mungkin mahal tapi ketika mempertimbangkan potensi ROI, hal ini bisa menjadi suatu investasi yang cerdas.

Website adalah bukti nyata kehadiran perusahaan di dunia maya. Banyak perusahaan menghabiskan bnayak dana untuk membuat kantor/toko yang sangat bagus, tetapi websitenya sangat buruk.. Perusahaan harus mempertimbangkan website mereka sebuah toko online (walaupun anda tidak menjual produk secara online). Apakah Anda membangun toko tanpa konsultasi terlebih dahulu dengan arsitek? Apakah ini kesan pertama yang Anda ingin konsumen Anda untuk mendapatkan? Konsumen mengunjungi website perusahaan untuk informasi lebih lanjut tentang bisnis Anda, Pastikan konsumen melihat sebuah website profesional, yang mengundang mereka untuk melakukan bisnis dengan Anda.

2. Konten Website tidak menjual/ tidak terupdate

Kesalahan kedua adalah konten website yang nyaris sama dengan brosur perusahaan. Secara teknologi sebuah website dapat menampilkan hal-hal yang tidak tampak dalam brosur. Selain itu seringkali isi website jauh tertinggal dengan iklan cetaknya. Bayangkan sebuah produk Handphone yang memasang iklan besar-besar di majalah dan billboard, tetapi produk tersebut tidak ada di websitenya!!! Wow, padahal seharusnya konten di website lebih mudah di perbaharui.. lalu bagaimana konsumen akan percaya dengan isi website Anda?

3. Website tidak di Optimize

Ada beberapa perusahaan yang sudah membuat website yang profesional dan terus terupdate, namun sedikit sekali pengunjung yang datang ke website tersebut.. Okay, darimanakah konsumen tahu kan website Anda? Apakah anda melakukan analisa pengunjung yang datang? Kebanyakan orang memanfaatkan search engine seperti google untuk menemukan bisnis Anda, karena itu lakukan SEO selain mempromosikan website Anda melalui jalur tradisional (sertakan alamat website pada setiap promosi, kartu nama, dll).

Gunakan Google Analytic untuk menganalisa pengunjung website Anda, kata kunci apa saja yang mereka gunakan? Optimize website Anda untuk kata kunci yang mendatangkan banyak trafik.

4. Tidak Mempunyai Strategi Digital Marketing

Dunia internet selalu berubah dengan cepat. 2 tahun yang lalu orang masih banyak yang belum tahu memanfaatkan facebook. Belum lagi perusahhan memanfaatkan facebook, sudah muncul Twitter. Kegagalan yang sering terjadi karena perusahaan tidak cepat tanggap akan perubahan-perubahan tersebut. Seringkali suatu kampanye digital marketing tidak memiliki sasaran yang jelas, berakibat perusahaan hanya sekedar tampil.

Strategi pemasaran online perlu dibuat oleh seseorang dengan pengalaman dalam pemasaran online atau pemahaman yang mendalam dari budaya online. Mengambil keuntungan dari pemasaran media sosial membutuhkan suatu pergeseran paradigma dalam berpikir. Jika tim Anda tidak memahami budaya online, konsumen online Anda tidak akan  memahami Anda.

5. Tim Pemasaran tidak kompeten di bidang Digital Marketing

Dunia digital marketing merupakan hal yang baru, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di negara-negara lain. Seringkali tim pemasaran enggan belajar menghadapinya. Perusahaan sering salah ketika membuat tim pemasaran online, atau bahkan tidak memilikinya. Sebuah tim akan sukses dengan staf pengembang web, pemasar, dan pencipta konten; menciptakan campuran kemampuan teknis dan pemahaman pemasaran. Selain itu, tim pemasaran Online membutuhkan banyak kemandirian, menciptakan suasana di mana konsep-konsep dapat diuji dan dioptimalkan. Di perlukan investasi pada orang-orang cerdas yang bersedia untuk mencoba hal-hal baru. Pemasaran internet berubah dengan cepat dan tim Anda harus gesit dan cukup fleksibel untuk selalu selangkah lebih maju.

Selain itu kurangnya pemahaman akan dunia internet membuat tim pemasaran kesulitan menyakinkan pihak manajemen.

Kesimpulan

Perusahaan dapat membuat sejumlah kesalahan ketika memulai digital marketing. Pastikan Anda memahami budaya online dan membangun tim pemasaran yang handal untuk memperpendek kurva belajar.

Apa yang Anda lakukan untuk memastikan Anda tidak  membuat kesalahan seperti orang lain? Bagaimana Anda membangun berdasarkan pengalaman dari pemasar lain? Bagaimana Anda memanfaatkan staf Anda untuk menciptakan strategi pemasaran online?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s